Sempat Positif Covid-19 Jelang ke Jepang, Eko Yuli Irawan Deg-degan di Olimpiade Tokyo 2020

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 20 Agustus 2021 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 43 2458497 sempat-positif-covid-19-jelang-ke-jepang-eko-yuli-irawan-deg-degan-di-olimpiade-tokyo-2020-7ULameuWBV.jpg Eko Yuli Irawan hampir gagal ke Olimpiade Tokyo 2020 karena sempat positif Covid-19 (Foto: Instagram/@ekopower61))

JAKARTA – Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, menyampaikan fakta mengejutkan soal Eko Yuli Irawan yang sempat positif Covid-19 jelang keberangkatan ke Olimpiade Tokyo 2020. Hal itu ternyata membuat Eko Yuli deg-degan saat akan bertanding.

Hal itu diungkapkan Eko Yuli dalam acara Special Dialogue TikTok Okezone yang berlangsung pada hari ini, Jumat (20/8/2021), siang WIB. Okto turut menjadi bintang tamu dalam acara tersebut.

Eko Yuli Irawan (Foto: Special Dialogue TikTok Okezone)

Eko Yuli mengaku cukup terkejut dengan fakta dirinya sempat positif Covid-19 sebelum keberangakatan. Sebab, dia sudah menjaga diri agar tidak terpapar virus corona delapan hari sebelum keberangkatan ke Jepang.

Fakta berbicara lain karena Eko Yuli dinyatakan positif. Akan tetapi, hasil tes pada sore harinya menyatakan Eko Yuli negatif. Hal itu yang membuat Eko Yuli bisa berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020.

BACA JUGA: Karena Positif Covid-19, Eko Yuli Irawan Hampir Gagal ke Olimpiade Tokyo 2020

Meski begitu, pengalaman positif Covid-19 membuat Eko Yuli khawatir jelang bertanding di Olimpiade Tokyo 2020. Sebab, jika positif sebelum bertanding, semua perjuangan Eko Yuli selama ini akan sia-sia.

“Yah pasti (khawatir), pasti khawatir bangtet. Kita berangkat tanggal 17 Juli, kita sudah karantina sendiri mulai 3 Juli. Kita sudah tidak bertemu dengan keluarga juga karena ketakutan (terhadap Covid-19). Nah, setelah dinyatakan positif, jadi kaget sendiri karena tidak ada gejala apa pun,” ujar Eko Yuli saat hadir di Special Dialogue TikTok Okezone, Jumat (20/8/2021).

“Justru pada awal itu, kita takutnya di situ karena lawan kita adalah Covid sendiri. Misalnya, di perjalanan menuju pertandingan karena di udara, jadi tidak terlihat juga. Kalau ada yang positif, gugur semua. Jadi, persiapan semua ini sia-sia,” tuturnya.

Eko Yuli Irawan (Foto: Reuters)

Untungnya, Eko Yuli mampu bertanding dengan baik sehingga mampu mendapatkan medali perak. Sumbansih Eko Yuli membuat Indonesia meraih lima medali di Olimpiade Tokyo 2020 yang terdiri dari satu emas, satu perak, dan tiga perunggu.

Sekadar informasi, Eko Yuli adalah satu-satunya atlet Indonesia yang meraih empat medali Olimpiade dalam edisi berbeda secara beruntun. Eko Yuli pun menargetkan untuk tampil di Olimpiade Paris 2024.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini