Share

Menangi MotoGP Austria 2021, Keberanian dan Kenekatan Brad Binder Jadi Kunci Utama

Antara, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 01:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 15 38 2456027 menangi-motogp-austria-2021-keberanian-dan-kenekatan-brad-binder-jadi-kunci-utama-6Pb3hA8Gzt.jpg Brad Binder keluar sebagai pemenang di MotoGP Austria 2021. (Foto: MotoGP)

SPIELBERG – Pembalap Tim KTM Red Bull, Brad Binder, sukses merebut kemenangan di MotoGP Austria 2021. Pencapaian ini disebut Binder bisa didapat berkat keberanian dan aksi nekatnya dalam menjalani balapan.

Sebagaimana diketahui, Binder baru menjalani tahun keduanya di MotoGP. Tetapi, prestasinya terbilang sudah manis. Dia sudah merebut dua kemenangan di MotoGP. Hasil manis di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada Minggu 15 Agustus 2021 malam WIB pun jadi kemenangan pertamanya di MotoGP 2021.

Podium MotoGP Austria 2021

Untuk mendapatkan kemenangan ini, Binder harus bekerja sangat keras. Dia neka bertahan dengan ban slick di tiga lap terakhir saat hujan deras turun di Sirkuit Red Bull Ring. Langkah ini diambul kala lima pembalap terdepan berganti motor seting ban basah.

Binder dari P6 mendadak menjadi pemimpin lomba dan melibas tiga putaran terakhir tanpa grip dan pengereman yang optimal karena trek licin. Namun, pertaruhannya berbuah sukacita saat Binder menjadi yang pertama melintasi finis, hampir 13 detik di depan rival terdekatnya.

BACA JUGA: Klasemen MotoGP 2021 Usai GP Austria: Quartararo Masih di Puncak, Marc Marquez dan Valentino Rossi di Luar 10 Besar

"Terkadang hidup membantu siapa yang berani dan hari ini (keberanian) membuahkan hasil," kata pebalap berusia 26 tahun itu seperti dikutip Reuters.

BACA JUGA: Menang Berkat Twist di MotoGP Austria 2021, Binder: Ini Sungguh Gila!

Pembalap Ducati Francesco Bagnaia, yang memimpin di hampir sepanjang lomba sebelum berganti motor, mengklaim runner-up. Binder mendapat penalti tiga detik karena melanggar limit trek namun margin dua pebalap terdepan cukup lebar sehingga hal itu tak mengubah hasil balapan.

Rookie Spanyol dan pole sitter Jorge Martin, yang membawa Pramac Ducati menang di trek yang sama pekan lalu, finis ketiga di depan sekira 86.000 penonton yang memadati trek Austria hari itu.

Pembalap tim Yamaha Fabio Quartararo finis ketujuh namun tetap memegang pucuk klasemen pebalap sementara yang sekarang dibayangi oleh Bagnaia dan juara dunia bertahan Joan Mir di peringkat dua dan tiga dengan raihan poin sama atau terpaut 47 poin dari puncak.

Johann Zarco terlempar ke peringkat empat klasemen setelah terjatuh dan gagal menyelesaikan lomba. Kemenangan Binder hari itu menjadi yang kedua baginya dalam karier sang pebalap di kelas premier setelah kesuksesan di Brno, Republik Ceko satu tahun lalu ketika ia masih rookie.

Brad Binder

"Ini sangat menyeramkan," kata Binder. "Terutama dua lap terakhir.

"Saya masih bisa mendorong cukup keras untuk lap pertama namun segera setelah ban belakang dan depan dingin ini seperti berkendara di atas es.

"Beberapa tikungan kemudian rem karbon saya dingin jadi saya juga tak bisa mengerem. Saya rasa ada seseorang yang menahan saya hari ini karena beberapa kali saya mengira ini sudah berakhir."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini