Share

Soal Kasus Kata-Kata Kasar Pebulu Tangkis China Chen Qingchen, BWF Ngaku Belum Terima Laporannya

Sri Lestari Rahayuningtyas, Jurnalis · Minggu 08 Agustus 2021 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 08 40 2452655 soal-kasus-kata-kata-kasar-pebulu-tangkis-china-chen-qingchen-bwf-ngaku-belum-terima-laporannya-E7p94a674r.jpg BWF buka suara soal kasus kata-kata kasar pebulu tangkis China Chen Qingchen (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) buka suara soal kata-kata kasar pebulu tangkis China, Chen Qingchen, saat melawan ganda putri Korea Selatan (Korsel) di Olimpiade Tokyo 2020. Menurut BWF, mereka belum menerima laporan dari Asosiasi Bulu Tangkis Korsel (SKBA) terkait masalah tersebut.

Kasus ini berawal dari Chen, yang berpasangan dengan Jia Yifan, mengeluarkan umpatan "wocao" saat menghadapi ganda putri Korsel, Kim So-yeong/Kong Hee-yong, baik di fase grup dan semifinal. Hal ini membuat BAK geram dan dikabarkan telah mengeluarkan protes resmi kepada BWF.

Chen Qingchen/Jia Yifan di Olimpiade Tokyo 2020 (Foto: Reuters)

Akan tetapi, pernyataan BWF menepis kabar sebelumnya yang mengatakan SKBA telah mengajukan pengaduan resmi terkait umpatan Chen. BWF bahkan menyatakan kondisi di lapangan saat pertandingan baik-baik saja.

BACA JUGA: Setelah Dikalahkan Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Ini Penyebab Chen Qingchen Dilaporkan ke BWF

โ€œBWF belum menerima keluhan resmi dari Asosiasi Bulu Tangkis Korea,โ€ tulis pernyataan resmi BWF yang dilansir dari The Star News, Minggu (8/8/2021).

โ€œWasit turnamen kami, yang bertugas, tidak melaporkan sesuatu yang tidak diinginkan terjadi di lapangan,โ€ lanjut pernyataan tersebut.

Sebelumnya, Chen telah mengklarifikasi, bahwa kata yang diucapkannya hanyalah untuk mendorong dirinya meraih lebih banyak poin dalam pertandingan. Ia juga mengungkapkan permintaan maaf jika itu menyebabkan kesalahpahaman.

Chen mengaku akan mengatur ucapannya dalam pertandingan setelah ini agar kasus serupa tidak terjadi di masa depan. Meski begitu, Chen bersama pasangannya mampu mengukir prestasi di Olimpiade Tokyo 2020.

Chen Qingchen/Jia Yifan di Olimpiade Tokyo 2020 (Foto: Reuters)

Chen/Jia berhasil membawa pulang medali perak dari Olimpiade Tokyo 2020. Mereka gagal mendapatkan medali emas usai takluk dari ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, di final dengan skor 19-21 dan 15-21.

Sementara itu, Kim/Kong harus puas meraih medali perunggu. Setelah takluk dari Chen/Jia di babak semifinal, mereka sukses memenangi laga perebutan medali perunggu melawan rekan senegara, Lee So Hee/Shin Seung Chan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini