Di Istana Kepresidenan, Joko Widodo Akan Terima Kontingen Indonesia yang Berjuang di Olimpiade Tokyo 2020

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Kamis 05 Agustus 2021 02:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 43 2451072 di-istana-kepresidenan-joko-widodo-akan-terima-kontingen-indonesia-yang-berjuang-di-olimpiade-tokyo-2020-H79a6gX41e.jpg Greysia Polii saat memamerkan medali emas yang didapat di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Instagram/@timindonesiaofficial)

JAKARTA – Rombongan atlet Indonesia yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan. Hal ini merupakan bagian dari rangkaian agenda penyambutan para atlet yang seluruhnya telah tiba di tanah air pada Rabu (4/8/2021) malam WIB.

Kloter terakhir yang membawa rombongan atlet yang tersisa telah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dengan selamat. Sebanyak sembilan atlet tergabung dalam kloter kali ini.

Menpora

(Menpora saat menyambut para atlet yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Instagram/@timindonesiaofficial)

Mereka ialah Lalu Muhammad Zohri dan Alvin Tehupeiory (atletik), Vidya Rafika (menembak), Nurul Akmal dan Rahmat Erwin Abdullah (angkat besi), Anthony Ginting, dan Praveen Jordan (bulu tangkis). Tak ketinggalan sang peraih medali emas dari ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Kepulangan mereka disambut meriah para petinggi cabang olahraga di Indonesia tak terkecuali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali. Meski begitu, agenda ini tak dibuka untuk umum guna menghindari kerumunan di masa PPKM Level 4 yang berlaku.

Terpantau para atlet satu per satu menuruni bus dengan memberikan jarak 1 meter satu dengan lainnya. Mereka pun mengambil buket bunga yang disediakan dan memberikan salam menunduk (Namaste) kepada para pejabat.

BACA JUGA: Tiba di Tanah Air, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan 7 Atlet Lain Disambut Menpora Secara Meriah

Dalam momen ini, tentu yang menarik perhatian adalah Greysia Polii/Apriyani Rahayu selaku peraih medali emas. Turun paling terakhir dari bus, mereka sambil tersemat medali emas di lehernya, disambut bak pahlawan dengan tepuk tangan dan acungan jempol para hadirin.

Setelah itu, mereka pun menuju tempat yang disediakan untuk mendengar sambutan dari Menpora. Dalam sambutan tersebut, Zainudin Amali mengucapkan selamat dan terima kasih sekaligus memaparkan agenda selanjutnya.

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu

(Apriyani Rahayu saat memamerkan medali emas yang didapatkan di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Instagram/@timindonesiaofficial)

“Saya atas nama pemerintah, atas nama presiden, dan atas nama seluruh rakyat Indonesia mengucapkan selamat datang dan terima kasih serta apresiasi yang sebesar-besarnya terhadap perjuangan yang telah dilakukan oleh para atlet, pelatih dan tenaga pendukung yang telah mengharumkan bangsa Indonesia di ajang tertinggi olahraga yakni olimpiade Tokyo yang sudah kita jalani,” ucap Zainudin Amali.

“Selanjutnya para kontingen akan melakukan prokes yang telah ditetapkan, menjalani masa karantina, setelah itu akan kita lanjutkan acara penyambutan ini, Insya Allah bapak presiden akan menerima langsung di istana. Nanti akan diinformasikan secara langsung,” ucap Amali.

Setelah acara tersebut, para atlet langsung diarahkan untuk ke bus yang mengantarkan ke hotel tempat karantina. Berdasarkan informasi terakhir, mereka akan menjalani karantina selama 8 hari ke depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini