Berkat Anthony Sinisuka Ginting! Indonesia Punya Wakil Lagi di Semifinal Tunggal Putra Olimpiade Usai 17 Tahun Absen

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 31 Juli 2021 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 31 40 2448885 berkat-anthony-sinisuka-ginting-indonesia-punya-wakil-di-semifinal-tunggal-putra-olimpiade-usai-17-tahun-absen-H74wLBll1c.jpg Anthony Sinisuka Ginting tembus semifinal Olimpiade Tokyo 2020 (Foto: Reuters)

TOKYO – Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, menyudahi 17 tahun dahaga Tanah Air di semifinal cabang olahraga (cabor) bulu tangkis olimpiade. Setelah 17 tahun, Indonesia akhirnya punya wakil lagi di semifinal tunggal putra.

Indonesia terakhir kali memiliki wakil di semifinal tunggal putra pada gelaran Olimpiade Athena 2004 di Yunani. Saat itu, Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro yang menjadi semifinalis.

Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro di Olimpiade Athena 2004

Perjuangan Taufik dan Sony di Olimpiade Athena 2004 pun berbuah medali. Taufik meraih emas dan Sony mendapatkan perunggu.

Indonesia sayangnya kering prestasi di tunggal putra olimpiade setelah itu. Tunggal putra Indonesia berguguran di fase grup atau perempatfinal sehingga gagal mengikuti jejak Taufik dan Sony.

BACA JUGA: Kalahkan Wakil Denmark, Anthony Ginting Ungkap Kunci Sukses ke Semifinal Olimpiade Tokyo 2020

Namun, Ginting menyudahi catatan buruk itu di Olimpiade Tokyo 2020. Sejak fase grup, Ginting telah menunjukkan penampilan apik sehingga bisa mencapai perempatfinal.

Lawan kuat dihadapi Ginting di perempatfinal, yaitu Anders Antonsen dari Denmark. Pertandingan berkelas untuk memperebutkan tiket semifinal pun tersaji di Musashino Forest Sport Plaza, Sabtu (31/7/2021).

Sempat kejar-kejaran poin, kemenangan di gim pertama tidak lepas dari tangan Ginting. Dia mengalahkan Antonsen dengan skor tipis 21-18.

Kejar-kejaran poin kembali terjadi pada gim kedua. Setiap poin begitu sulit didapatkan oleh Ginting dan Antonsen. Akan tetapi, Antonsen sedikit lebih unggul dari Ginting kali ini. Ginting pun kalah 15-21 dari Antonsen.

Anthony Sinisuka Ginting  (Foto: Reuters)

Hasil ini memaksa pertandingan berjlanjut ke gim ketiga. Meski begitu, Ginting menunjukkan kelasnya untuk menang 21-18 atas Antonsen pada gim ketiga.

Ginting telah mampu mengikuti jejak Taufik dan Sony, yaitu lolos ke semifinal tunggal putra olimpiade. Akan tetapi, tugas Ginting di Olimpiade Tokyo 2020 belum selesai. Ginting diharapkan tampil apik pada pertandingan berikutnya sehingga bisa menembus final dan meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini