Meski Terpuruk, Ezpeleta Tegaskan Masalah Valentino Rossi Beda dengan Lorenzo Dulu

Djanti Virantika, Jurnalis · Minggu 04 Juli 2021 05:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 04 38 2435132 meski-terpuruk-ezpeleta-tegaskan-masalah-valentino-rossi-beda-dengan-lorenzo-dulu-qkC4kswWFm.jpg Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. (Foto: MotoGP)

MADRID – CEO Dorna Sports (promotor MotoGP), Carmelo Ezpeleta, ikut berkomentar soal situasi Valentino Rossi yang begitu sulit di musim ini. Meski tengah terpuruk, Ezpeleta menegaskan bahwa masalah yang dialami Rossi saat ini tak sama seperti Jorge Lorenzo pada musim terakhirnya di MotoGP dulu.

Sebagaimana diketahui, Valentino Rossi tengah berada dalam kondisi yang sangat terpuruk di MotoGP 2021. Dia baru bisa mengemas 17 poin dari sembilan balapannya di musim ini.

Valentino Rossi

Dengan jumlah poin tersebut, The Doctor -julukan Rossi- hanya mengisi posisi ke-19 di klasemen sementara pembalap MotoGP 2021. Dia terpaut poin hingga 139 poin dengan Fabio Quartararo yang tengah memuncaki klasemen.

Di tengah situasi ini, ada sejumlah pihak yang berpandangan bahwa Rossi dirundung masalah yang sama dengan Lorenzo pada tahun terakhirnya mentas di MotoGP. Kala itu, Lorenzo diketahui menjalani musim perdananya bersama Repsol Honda di MotoGP 2019.

BACA JUGA: Meski Jadi Sumber Inspirasi, Morbidelli Tak Mau Hidup seperti Valentino Rossi dan Marc Marquez

Tetapi, Lorenzo gagal bersinar karena kesulitan beradaptasi dengan motor balap Honda. Alih-alih bersaing dengan sang juara dunia yang menjadi rekan setimnya, Marc Marquez, Lorenzo justru terus terpuruk dan bahkan makin menderita usai mengalami kecelakaan parah di Sirkuit Assen, Belanda.

BACA JUGA: Ketimbang Babak Belur Lagi, Valentino Rossi Lebih Baik Pensiun

Kecelakaan yang membuatnya mengalami retak tulang belakang itu telah memengaruhi performa Lorenzo. Juara dunia lima kali itu pun akhirnya menyerah dan memutuskan pensiun di akhir MotoGP 2019.

Tetapi, Ezpeleta merasa situasi yang dialami Rossi berbeda dengan Lorenzo. Rossi dipandang masih tampil jauh lebih baik dari mantan rekan setimnya itu. Terbukti, dia bisa merebut posisi start apik di sejumlah balapan pada musim perdananya bersama Petronas Yamaha SRT ini.

Salah satunya terjadi di MotoGP Qatar 2021. Kala itu, Rossi bisa menyegel posisi keempat di garis start. Sayangnya, kinerja apiknya gagal dipertahankan pada balapan hingga hanya finis di urutan ke-12.

Jorge Lorenzo

"Saya pikir kasus Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo tidak ada hubungannya satu sama lain. MotoGP hari ini jauh lebih kompetitif daripada yang pernah ada,” ujar Ezpeleta, sebagaimana dikutip dari Tutto Motori Web, Minggu (4/7/2021).

“Rossi harus beradaptasi dengan tim baru, dan adaptasinya lebih baik daripada Lorenzo saat di Honda,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini