Share

Valentino Rossi Mau Pensiun, Canepa: Mengapa Berhenti?

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 38 2432702 valentino-rossi-mau-pensiun-canepa-mengapa-berhenti-EMUn3JvAWN.jpg Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

GENOVA – Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) kini berada di persimpangan jalan antara pensiun atau tetap balapan di MotoGP 2022. Pembalap Yamaha di ajang balapan 24 jam Le Mans, Niccolo Canepa, mendukung Rossi untuk melanjutkan karier balapnya.

Sebagaimana diketahui, Rossi terpuruk dalam beberapa musim terakhir. The Doctor -julukan Rossi- bukan pembalap yang bersaing untuk gelar juara dunia seperti dulu.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Rossi bahkan kesulitan untuk memenangkan balapan. Rossi terakhir kali menang di Sirkuit Assen, Belanda, pada 2017 silam. Setelah itu, pembalap Italia itu lebih sering finis di belakang.

Keterpurukan Rossi makin terlihat di MotoGP 2021. Rossi baru mengumpulkan 17 poin sehingga terdampar di posisi ke-19 klasemen sementara.

BACA JUGA: Gara-Gara MotoGP Belanda 2021, Valentino Rossi Makin Dekat dengan Pensiun

Teranyar, Rossi terjatuh di tikungan ketujuh pada lap ketujuh dalam balapan MotoGP Belanda 2021 di Sirkuit Assen, Minggu 27 Juni lalu. Hasil buruk itu menegaskan akhir karier pembalap 42 tahun itu makin dekat.

Penampilan Rossi membuat banyak pihak menyarankannya untuk pensiun. Akan tetapi, Canepa menilai Rossi bisa terus balapan selama ada peluang untuk melakukannya.

β€œSaya tumbuh bersama legenda Vale -sapaan akrab Rossi, saya pikir dia benar-benar yang terhebat sepanjang masa. Yang terbaik adalah dia salah satu dari mereka yang mampu memilih berapa banyak, bagaimana, dan ke mana harus berlari,” kata Niccolo, dikutip dari Motosan, Selasa (29/6/2021).

β€œItu, menurut saya, adalah hal yang indah dan dia telah mendapatkannya selama bertahun-tahun. Jadi, tidak ada, yang tahu lebih baik dari dia, berapa lama itu akan berlanjut dan kapan akan pensiun. Ketika Anda melakukan apa yang paling Anda sukai di dunia dan Anda memiliki kesempatan untuk melakukannya, mengapa berhenti?” tuturnya.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Jika Rossi pensiun pada akhir musim ini, dia akan selalu dikenang karena prestasi luar biasanya. Sebab, Rossi adalah salah satu pembalap terbaik dalam sejarah MotoGP dengan koleksi sembilan gelar juara dunia.

Sebanyak tujuh gelar juara dunia diraih Rossi di MotoGP yang merupakan kelas terelite. Pencapaian Rossi hanya kalah dari legenda MotoGP lainnya yang juga berasal dari Italia, Giacomo Agostini. Senior Rossi itu memegang rekor sebagai pembalap dengan gelar juara dunia terbanyak, yaitu 15.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini