Marc Marquez Sebenarnya Tak Targetkan Naik Podium di MotoGP Jerman 2021, tapi Malah Juara

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Senin 21 Juni 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 20 38 2428183 marc-marquez-sebenarnya-tak-targetkan-naik-podium-di-motogp-jerman-2021-tapi-malah-juara-n2YZJR2iVg.jpg Marc Marquez juara MotoGP Jerman 2021. (Foto/MotoGP)

SAXONY - Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez sebenarnya tak menargetkan mencapai podium saat balapan di MotoGP Jerman 2021 di Sirkuit Sachsenring, Minggu (20/6/2021). Akan tetap, pembalap asal Spanyol itu malah keluar seabagi juara.

Marquez menunjukkan tanda-tanda kembali kompetitif setelah tampil tercepat di sesi latihan bebas pertama MotoGP Jerman 2021. Namun, performanya menurun saat kualifikasi dan membuat dia memulai balapan dari P7..

Foto/MotoGP

Rintik hujan mulai turun di sebagian trek Sachsenring setelah balapan berjalan delapan putaran dan bendera putih dikibarkan. Hal itu memberi tanda bagi para pembalap yang ingin berganti motor dengan setting basah.

Baca juga: Klasemen MotoGP 2021 Usai GP Jerman 2021: Marc Marquez Tembus 10 Besar, Valentino Rossi Belum Bergerak

Pada saat itu, Marquez sedang memimpin hampir dua detik di depan Miguel Oliveira. Dia terus menjaga jaraknya dua detik di depan di separuh lomba, namun Oliveira menemukan kecepatan untuk meninggalkan rombongan utama demi perlahan memangkas gap dari sang pembalap Repsol Honda.

Baca juga: Raih 11 Kemenangan Beruntun, Penegasan Status Raja Marc Marquez di Sirkuit Sachsenring

Daya cengkeram ban belakang KTM bekerja lebih baik dari rival-rivalnya di paruh kedua lomba. Hasilnya Oliviera berhasil memangkas jarak kurang dari satu detik dengan enam lap tersisa.

Namun, tak cukup waktu dan momentum bagi Oliveira untuk mengejar Marquez yang justru semakin cepat di pengujung lomba. Dia akhirnya tetap empertahakan gelarnya sebagai raja Sirkuit Sachsenring, dengan memenangi 11 balapan terakhir di sirkuit Jerman itu.

Foto/MotoGP

“Hal ini merupakan salah satu momen paling penting dan sulit dalam karier. Saya tahu jika balapan ini merupakan kesempatan bagus,” kata Marquez dikutip Motorsport.

“Dari sisi mental, hal ini tidak mudah. Apalagi saya datang dari situasi yang sulit, usai gagal finis di tiga balapan beruntun. Namun, hal itu sudah berakhir. Sebelum balapan ini, saya bertekad untuk bersaing memperebutkan podium,” ujarnya.

“Kemungkinan untuk menang sungguh rendah. Tetapi, jika kondisinya sempurna, saya akan mencoba untuk mengejar kemenangan. Ketika hujan turun, saya yakin bisa menang. Saya mencoba menekan dan menjaga kecepatan,” tutur Marquez.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini