Suka Tata Letak Sirkuit Sachsenring, Marc Marquez Bangkit di MotoGP Jerman 2021?

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 38 2427311 suka-tata-letak-sirkuit-sachsenring-marc-marquez-bangkit-di-motogp-jerman-2021-kiWJRuT07j.jpg Marc Marquez (Foto: MotoGP)

HOHENSTEIN-ERNSTTHAL – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menyukai sirkuit dengan trek pendek, seperti Sachsenring (Jerman), Laguna Seca (Amerika Serikat), dan Jarama (Spanyol). Pada akhir pekan ini, Marquez akan tampil di salah satu sirkuit itu, yakni Sachsenring.

Balapan MotoGP Jerman 2021 akan berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Minggu 20 Juni 2021, malam WIB. Marquez berpeluang untuk meraih hasil positif di Sirkuti Sachsenring.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Bagaimana tidak, Marquez meraih 10 kemenangan di Sirkuit Sachsenring. Sebanyak tujuh diraih di kelas MotoGP, sedangkan sisanya didapatkan saat mentas di kelas 125cc (2010) dan Moto2 (2011 dan 2012).

Selain itu, tata letak Sirkuit Sachsenring, yang memiliki lebih banyak tikungan ke kiri (10) ketimbang kanan (3), juga menguntungkan Marquez. Di Sirkuit Sachsenring, The Baby Alien tidak perlu memaksa bahu kanan dan lengan kanannya yang masih terasa sakit.

BACA JUGA: Kangen Podium, Marc Marquez Ingin Menang Sebelum MotoGP 2021 Usai

Sekadar informasi, Marquez belum bugar 100 persen setelah absen kurang-lebih sembilan bulan. Dia absen panjang untuk memulihkan lengan kanannya yang patah dalam balapan perdana musim lalu, MotoGP Spanyol 2020.

Marquez baru kembali mengaspal dalam balapan MotoGP Portugal 2021 yang membuahkan posisi ketujuh untuknya. Setelah itu, Marquez finis kesembilan di MotoGP Spanyol 2021.

Sayangnya, Marquez terjatuh dalam tiga balapan terakhir. Dia pun terdampar di posisi ke-18 klasemen sementara dengan koleksi 16 poin. Keterpurukan Marquez disebabkan kondisi fisiknya. Akan tetapi, masalah fisik tidak akan membebani Marquez di Sirkuit Sachsenring yang tata letaknya menguntungkan The Baby Alien -julukan Marquez.

“Untuk sirkuit dengan trek pendek seperti Sachsenring, Laguna Seca atau Jarama, saya selalu lebih menyukainya. Ada pembalap, yang lebih memilih sirkuit panjang, karena lebih menghibur, memiliki lebih banyak tikungan, dan mengambil lebih sedikit putaran, tapi saya selalu lebih menyukai sirkuit pendek,” ujar Marquez, dikutip dari Motosan, Jumat (18/6/2021).

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

“Sirkuit dengan trek pendek menuntu teknik dan membutuhkan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi. Harus berhati-hati karena biasanya sangat padat (di tikungan), makanya saya suka rute seperti Sachsenring atau Laguna Seca," katanya.

"Di Jarama saya tidak naik motor, tetapi mobil. Meski begitu sirkuit Jarama juga sangat indah dan menghibur,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini