Markis Kido Meninggal Dunia, Pebulu Tangkis China Kirim Karangan Bunga Duka Cita

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 40 2425894 markis-kido-meninggal-dunia-pebulu-tangkis-china-kirim-karangan-bunga-duka-cita-1zWqjJeo6R.jpg Markis Kido. (Foto/PBSI)

JAKARTA – Legenda bulu tangkis Indonesia, Markis Kido meninggal dunia di usia 36 tahun pada Senin, 14 Juni 2021 malam saat bermain bulu tangkis. Pebulu tangkis China, Liu Yuchen, turut berduka atas meninggalnya mendiang Markis Kido.

Akun Twitter Badminton Talk, mengunggah foto karangan bunga yang dikirim Liu Yuchen ke rumah duka Markis Kido di Kota Bekasi, Jawa Barat. Liu Yuchen yang beda generasi dengan Markis Kido juga mengirimkan doa kepada keluarga yang ditinggalkan.

“Liu Yuchen mengirimkan karangan bunga bagi Markis Kido dan mendoakan keluarga yang ditinggalkan, termasuk kedua putrinya, kesehatan dalam hidup, dan menyampaikan rasa hormatnya bagi Kido,” tulis Twitter Badminton menerjemahkan pesan dalam unggahan Liu Yuchen.

Foto/Twitter

Legenda bulu tangkis Indonesia, Joko Supriyanto, mengatakan bahwa almarhum merupakan sosok yang ramah. Kido, kata Joko, selalu mau memberikan ilmunya kepada siapa pun.

Baca juga: Menpora Zainudin Amali Berharap Atlet-Atlet Muda Bisa Contoh Semangat Juang Markis Kido

“Ya, Kido itu humble sekali. Masih mau melatih dimanapun dan kepada siapa pun, pasti akan didatangi. Memang kegemaran dan hobi Kido terus bermain bulu tangkis,” kata dia.

Baca juga: Candra Wijaya soal Markis Kido: Dia adalah Pebulu Tangkis yang Bisa Diandalkan!

Zul Asteri, ibunda Markus Kido mengungkapkan bahwa putranya memiliki riwayat stroke. Kata dia, anaknya seperti berkeinginan hidup dan mati di lapangan bulu tangkis.

Mantan pebulutangkis Timnas Indonesia, Candra Wijaya, menjelaskan kronologi Markis Kido yang meninggal dunia di usia 36 tahun. Dia menjelaskan bahwa para mantan pemain yang hadir di arena, melihat Kido tiba-tiba terjatuh dan tidak sadarkan diri saat baru bermain setengah gim. Saat itu sekitar jam 18.30 WIB.

Foto/Okezone

Kido mencapai masa emas ketika berpasangan dengan Hendra Setiawan. Pasangan ganda putra itu meraih gelar juara dunia 2007 di Kuala Lumpur, medali emas Olimpiade Beijing 2008 dan emas Asian Games 2010 Guangzhou.

Markis Kido dimakamkan di TPU Kebon Nanas, Cipinang, Jakarta Timur pada Selasa 15 Juni 2021. Mendiang meninggalkan seorang istri, Richasari Pawestri dan dua orang putri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini