Motor Honda Tak Kompetitif di MotoGP 2021, Marc Marquez Cari Solusinya

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 12 Juni 2021 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 12 38 2424217 motor-honda-tak-kompetitif-di-motogp-2021-marc-marquez-cari-solusinya-oMIiiOCz1z.jpg Marc Marquez (Foto: MotoGP)

AALST – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, berusaha untuk meningkatkan performa motor RC213V di MotoGP 2021. Menurut Marquez, RC213V memiliki dua masalah pokok yang berkaitan dengan cengkeraman.

The Baby Alien -julukan Marquez- pun turun tangan untuk mencari solusinya. Dia pun bekerja keras saat tampil pada tes resmi di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Selasa 8 Juni silam.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Marquez melahap 87 lap, terbanyak di antara pembalap lainnya, demi menemukan solusi untuk masalah pada RC213V. Aksi Marquez layak dipuji karena fisiknya belum 100 persen prima usai absen kurang-lebih sembilan bulan karena lengan kanannya patah.

Sebelum tampil di tes resmi, Marquez beraksi lebih dulu dalam balapan MotoGP Catalunya 2021 di Sirkuit Catalunya, Minggu 6 Juni lalu. Akan tetapi, Marquez terjatuh sehingga gagal mendapatkan poin.

BACA JUGA: Ejekan Marquez Bikin Valentino Rossi Pensiun Kelar MotoGP Belanda 2021? Ini Respons Kedua Orangtuanya

Hasil di Sirkuit Catalunya membuat Marquez tiga kali beruntun terjatuh dalam balapan. Pembalap Spanyol itu pun terdampar di posisi ke-18 klasemen sementara dengan koleksi 16 poin yang merupakan hasil dari lima penampilannya pada musim ini.

Meski tidak dalam kondisi terbaik, Marquez tetap berjuang untuk menemukan solusi untuk motor Honda. Sebab, jika performa RC213V membaik, itu juga akan membantu Marquez dalam balapan.

“Kami bekerja lebih banyak dengan perubahan besar setiap kali saya keluar trek. Kami mencoba untuk memahami masalahnya,” kata Marquez, dikutip dari Crash, Sabtu (12/6/2021).

“Di sisi akselerasi, kami tidak bisa mendapatkan cengkeraman dan di tikungan kami tidak bisa menghentikan motor karena dengan bagian belakang kami juga tidak memiliki cengkeraman,” ungkap Marquez.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

“Jadi, ini dua masalah yang berbeda, di dua area yang berbeda. Akan tetapi, saya pikir solusinya berjalan dengan cara yang sama,” ujarnya.

Sementara itu, balapan selanjutnya telah menanti Marquez. Balapan seri kedelapan musim ini akan berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Jerman, Minggu 20 Juni 2021.

Marquez adalah rajanya Sirkuit Sachsenring dengan koleksi tujuh kemenangan. Akan tetapi, dengan kondisi fisik yang belum bugar, Marquez harus berjuang keras untuk setidaknya menyentuh garis finis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini