Menangi MotoGP Catalunya 2021, Miguel Oliveira: Sempurna!

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 38 2421075 menangi-motogp-catalunya-2021-miguel-oliveira-sempurna-UzimKtXqcZ.jpg Miguel Oliveira (Foto: MotoGP)

BARCELONA – Pembalap KTM Red Bull, Miguel Oliveira, puas dengan kemenangannya dalam balapan MotoGP Catalunya 2021. Pembalap asal Portugal itu bahkan menyebut ini salah satu penampilan terbaik dalam karier balapnya.

Balapan MotoGP Catalunya 2021 berlangsung di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (6/6/2021), malam WIB. Balapan telah berlangsung sengit sejak lap pertama.

Miguel Oliveira (Foto: MotoGP)

Beberapa pembalap bahkan sempat memimpin balapan. Akan tetapi, Oliveira menjadi yang paling lama memimpin balapan.

Sempat bertarung dengan Jack Miller (Ducati Lenovo) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), Oliveira justru mendapatkan perlawanan berarti dari rekan setim Vinales, Fabio Quartararo. Oliveira bertarung ketat dengan Quartararo pada beberapa lap terakhir.

BACA JUGA: Hasil Race MotoGP Catalunya 2021: Miguel Oliveira Menang, Marc Marquez dan Valentino Rossi Jatuh

Sekadar informasi, Quartararo memulai balapa dari posisi pertama. Meski sempat tercecer, pembalap asal Prancis itu maningkatkan kecepatannya pada setiap lap sehingga bisa bersaing dengan Oliveira.

Namun, Oliveira mampu mengatasi perlawanan Quartararo dengan baik. Pembalap berumur 26 tahun itu pun memenangkan balapan di Sirkuit Catalunya.

Posisi kedua menjadi milik Johann Zarco (Pramac Ducati) yang mampu mengasapi Quartararo. El Diablo -julukan Quartararo- harus puas dengan posisi keempat meski menjadi pembalap ketiga yang menyentuh garis finis.

Quartararo menerima penalti karena memotong tikungan pertama dan kedua melalui jalur lebih pendek pada lap-lap terakhir. Alhasil, Miller berhak atas podium ketiga meski finis keempat.

Miguel Oliveira (Foto: MotoGP)

Jika menilik jalannya balapan MotoGP Catalunya 2021, Oliveira pantas bangga atas penampilannya. Dia pun mendapatkan podium keduanya musim ini setelah finis kedua pada balapan sebelumnya, MotoGP Italia 2021.

“Sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata, saya mungkin melakukan salah satu balapan terbaik dalam karier saya. Semuanya sulit, mulai dari mengatur penggunaan ban, memeriksa semuanya, dan fokus pada Fabio (Quartararo) di belakang saya,” kata Oliveira, dikutip dari Tuttomotoriweb, Senin (7/6/2021).

“Ini adalah balapan yang sempurna. Terima kasih saya tidak akan cukup untuk KTM atas motor yang mereka berikan kepada saya. Saya ingin berterima kasih kepada para penggemar karena itu luar biasa untuk melihat mereka di sirkuit,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini