MotoGP Catalunya 2021, Ini Penyebab Pakaian Balap Fabio Quartararo Terbuka

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 38 2421074 motogp-catalunya-2021-ini-penyebab-pakaian-balap-fabio-quartararo-terbuka-fOzu6bNJa5.jpg Fabio Quartararo (Foto: MotoGP)

BARCELONA – Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, melaju dengan pakaian balap terbuka pada tiga lap terakhir balapan MotoGP Catalunya 2021 yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (6/6/2201) malam WIB. Ada alasan di balik kejadian aneh itu.

Menurut laporan The Race berdasarkan sumber di paddock MotoGP, resleting pakaian balap Quartararo tidak tertutup sempurna sebelum balapan dimulai. Alhasil, pakaian balap Quartararo terbuka pada lap-lap terakhir hingga pelindung dadanya pun lepas.

Fabio Quartararo (Foto: MotoGP)

Kejadian itu merugikan Quartarao yang memulai balapan dari posisi pertama. Meski begitu, tanda-tanda Quartararo akan mendapatkan hasil buruk sudah terlihat sejak awal balapan.

Quartararo kehilangan posisi pertama karena disalip Jack Miller (Ducati Lenovo). Selanjutnya, pembalap asal Prancis itu tercecer dari barisan depan.

BACA JUGA: Klasemen MotoGP 2021 Usai GP Catalunya: Fabio Quartararo Dipepet Johann Zarco

Saat Quartararo tercecer, posisi pertama silih berganti ditempati oleh pembalap lain. Miller hanya sesaat menempati posisi pertama sebelum direbut Miguel Oliveira (KTM Red Bull).

Posisi pertama, yang sebelumnya dimiliki Oliveira, bisa direbut Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) pada pertengahan balapan. Akan tetapi, Oliveira tidak butuh waktu lama untuk merebut posisi pertama dari Vinales.

Oliveira pun berupaya untuk mempertahankan posisi pertama hingga garis finis. Akan tetapi, Quartararo, yang meningkatkan kecepatan pada setiap lap, mampu merebut posisi pertama dari pembalap asal Portugal itu.

Namun, Quartararo kembali kehilangan posisi pertama karena disalip Oliveira. Saat balapan menyisakan tiga lap lagi, Quartararo melaju dengan pakaian balap terbuka tanpa pelindung dada.

Miguel Oliveira (Foto: MotoGP)

Beberapa saat kemudian, Quartararo menutup pakaian balapnya. Setelah itu, dia melakukan aksi kontroversial dengan memotong tikungan pertama dan kedua melalui jalur lebih pendek pada lap terakhir.

Aksi itu membuat Quartararo menerima penalti sehingga harus puas dengan posisi keempat meski merupakan pembalap ketiga yang menyentuh garis finis. Tempat ketiga menjadi milik Miller yang mendapatkan untung dari penalti Quartararo. Sementara itu, kemenangan menjadi milik Oliveira dan posisi kedua ditempati Johann Zarco (Pramac Ducati).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini