Dulu Tak Tertandingi, Marc Marquez Kini Sebut Balapan di MotoGP Sulit

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 04 Juni 2021 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 38 2420087 dulu-tak-terandingi-marc-marquez-kini-sebut-balapan-di-motogp-sulit-lTOgqh5gs5.jpg Marc Marquez. (Foto: MotoGP)

BARCELONA – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, kini tengah menghadapi momen-momen sulit dalam kariernya di pentas MotoGP. Dia bahkan menyebut bahwa MotoGP merupakan perlombaan yang sulit.

Marc Marquez merasakan hal tersebut sejak dirinya didera cedera parah pada lengan kanannya. Cedera yang dialami sejak terjatuh di MotoGP Spanyol 2020 ini memang memengaruhi betul kondisi fisik The Baby Alien -julukan Marc Marquez.

Marc Marquez

Alhasil, Marquez bahkan belum bisa berbicara banyak sekalipun sudah comeback dari istirahat panjangnya di MotoGP. Setelah absen semusim, juara dunia delapan kali itu memutuskan kembali balapan di MotoGP pada seri Portugal. Tetapi, dia hanya bisa finis di urutan ketujuh kala itu.

BACA JUGA: Agostini: Marc Marquez Masih Kuat dan Suka Menang Kok

Alih-alih memperbaiki hasilnya dalam balapan-balapan berikutnya, pembalap asal Spanyol itu justru semakin terpuruk. Kini, dia bahkan baru bisa mengemas 16 poin dan tengah duduk di urutan ke-18 pada klasemen sementara pembalap MotoGP.

BACA JUGA: 5 Calon Pemenang MotoGP Catalunya 2021, Wakil Tuan Rumah Berjaya?

Di tengah kondisi yang terpuruk ini, Marquez mengakui bahwa kondisi fisiknya masih menjadi hambatan untuk bisa tampil trengginas di MotoGP. Dia bahkan kesulitan hanya untuk tampil agresif di lima putaran saja dalam balapan.

Situasi ini membuat Marquez makin menyadari bahwa MotoGP ternyata merupakan perlombaan yang sulit. Sebab, dia yang sudah merasa kuat secara fisik saat berlatih di gym, ternyata tetap belum berada dalam kondisi yang benar-benar fit dalam menjalani balapan.

“Kami akan mencoba untuk mengambil langkah maju sekali lagi untuk melanjutkan jalan kami. Kami perlu meningkatkan perasaan. Ketika Anda kembali untuk berkompetisi, itu karena Anda merasa siap,” ujar Marquez, sebagaimana dikutip dari Tutto Motori Web, Jumat (4/6/2021).

“Tetapi, keputusan kembali membuat saya menyadari betapa menuntutnya MotoGP. Di gym, Anda bisa merasa sangat siap, tetapi ketika Anda mengendarai motor balap secara nyata, Anda memahami perbedaannya,” lanjutnya.

Marc Marquez

“Saya masih tidak bisa melakukan 5 putaran seagresif yang saya suka. Sejak saya kembali, sulit untuk memahami motor di trek. Saya mencoba membiasakan diri dengan perbaikan yang dilakukan tahun ini, lalu kembali ke motor 2020 dari Jerez, tapi tidak banyak yang berubah, jadi saya sadar saya hanya butuh waktu lebih lama dalam berkendara,” tutur Marc Marquez.

Kondisi yang dialami Marc Marquez saat ini tentu saja berbanding terbalik dengan dahulu kala. Sebelum terjatuh, Marquez jadi pembalap tak tertandingi. Dia bahkan bisa mendominasi ajang MotoGP hingga enam gelar juara telah diraih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini