Share

Cari Penerus Marc Marquez, Honda Bisa Pertimbangkan Pembalap dari Luar Spanyol

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 21 Mei 2021 20:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 38 2413730 cari-penerus-marc-marquez-honda-bisa-pertimbangkan-pembalap-dari-luar-spanyol-5b1SRAaBqC.jpg Marc Marquez. (Foto: MotoGP)

AALST – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, belum bisa menunjukkan tajinya di pentas MotoGP pada musim ini. Dari tiga balapan yang udah dijalani musim ini, Marquez belum bisa merebut podium.

Padahal, Honda punya harapan besar terhadap Marc Marquez usai bisa menjalani balapan lagi. Setelah terpuruk di MotoGP 2020, Honda berharap bisa mengembalikan kejayaannya seperti musim-musim lain saat masih diperkuat Marc Marquez. Sejak direkrut pada 2013, Marquez bisa terus mempersembahkan gelar juara kepada Honda sehingga total sudah ada enam titel yang didapat.

Marc Marquez

Dengan kondisi ini, Honda mungkin perlu mempertimbangkan sosok pembalap lain yang bisa dipercaya melanjutkan kesuksesan Marc Marquez. Apalagi, The Baby Alien -julukan Marc Marquez- sempat menyatakan siap tinggal di rumah saja jika memang sudah tak lagi kompetitif.

BACA JUGA: Kabar Gembira, MotoGP Belanda 2021 Bakal Dihadiri 11.500 Penonton

“Memang benar bahwa banyak talenta muda sekarang datang dari Moto2 dan di masa depan bahkan yang lebih muda akan datang dari Moto3 dan Moto2. Pada usia 28 tahun, saya masih merasa muda. Saya termotivasi untuk terus maju dan belajar dari semua orang ini," ujar Marquez, sebagaimana dikutip dari Speedweek.

BACA JUGA: Deretan Pembalap Spanyol yang Bisa Dilirik Honda untuk Gantikan Marc Marquez

“Bahkan saat generasi baru datang, saya tetap merasa kompetitif. Tetapi akan tiba saatnya ketika Anda harus menerima bahwa generasi baru lebih baik dari Anda. Kemudian Anda berhenti atau melanjutkan. Tetapi, jika saya merasa tidak bisa bersaing untuk memenangkan balapan, lebih baik saya tetap di rumah,” lanjutnya.

Jika mencari opsi pembalap lain yang bisa meneruskan kiprah fantastis Marc Marquez, ada sejumlah rider yang bisa dipertimbangkan Honda. Tak melulu pembalap dari Spanyol, Honda bisa mempertimbangkan pembalap dari negara lain. Siapa saja mereka? Berikut beberapa nama pembalap tersebut.

3. Franco Morbidelli

Nama Franco Morbidelli tentu saja tak boleh dilewatkan oleh Repsol Honda. Sebab, Morbidelli punya bakat gemilang di dunia MotoGP dan telah membuktikannya dengan merebut sederet hasil manis. Dia bahkan menyabet status runner-up MotoGP pada musim lalu.

Franco Morbidelli

Morbidelli juga sudah punya pengalaman dengan motor balap Honda. Sebab, debutnya di kelas MotoGP dimulai pembalap asal Italia ini dengan memperkuat tim satelit Honda, yakni Marc VDS.

2. Takaaki Nakagami

Berikutnya, ada nama Takaaki Nakagami. Pembalap yang satu ini juga bisa dipertimbangkan oleh Honda. Sebab, Nakagami bukan orang asing di tim balap Honda. Dia sudah cukup lama memperkuat tim satelit Honda, yakni LCR.

Takaaki Nakagami

Kiprahnya pun cukup manis dengan berhasil merebut beberapa pole position. Jika diberikan motor terbaik saat membela Repsol Honda, bukan tidak mungkin dia bisa berbicara lebih banyak lagi di MotoGP.

1. Andrea Dovizioso

Terakhir, ada nama Andrea Dovizioso. Secara usia, Dovizioso memang sudah tak muda lagi. Usianya bahkan lebih tua dari Marc Marquez, yakni menginjak 35 tahun. Tetapi, Dovizioso bisa tetap jadi calon menarik bagi Honda karena memang punya bakat gemilang.

Andrea Dovizioso

Dalam beberapa musim terakhir, Dovizioso menjadi rival paling berat untuk Marc Marquez. Dia terbukti bisa mempersulit Marquez merebut gelar juara di MotoGP 2017 hingga harus melewati balapan seri terakhir.

Kini, Dovizioso pun berada dalam kondisi yang bebas untuk direkrut tim mana pun, termasuk Honda karena tengah memilih vakum. Dia pun mengatakan hanya ingin membela tim yang terbukti kompetitif. Hal inilah sangatlah tepat dengan Honda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini