Valentino Rossi Soroti Sistem Balapan Flag-to-Flag

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 18 Mei 2021 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 38 2411618 valentino-rossi-soroti-sistem-balapan-flag-to-flag-Lhbx9DbG7M.jpg Valentino Rossi (motogp.com)

TAVULLIA – Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, kembali mengomentari sistem balap flag-to-flag yang dianut MotoGP dalam beberapa tahun terakhir. Menurut Rossi, sistem tersebut mesti dikaji ulang lantaran sangat berbahaya untuk pembalap.

Sebagaimana diketahui, sistem flag-to-flag memang digunakan oleh MotoGP apabila kondisi cuaca tiba-tiba berubah kala balapan berlangsung. Ya, para pembalap diminta memasuki pitlane untuk mengganti motor sebelum kembali beraksi.

Valentino Rossi

Sistem balap flag-to-flag sendiri kembali tersaji di MotoGP Prancis 2021. Pasalnya semenjak lap 4 MotoGP Prancis 2021, hujan mengguyur Sirkuit Le Mans. Sistem ini memang menuai banyak kritikan dari para pengamat.

Pasalnya dalam kondisi flag-to-flag, para pembalap berpacu dengan waktu agar bisa secepatnya kembali ke lintasan. Kondisi tersebut sejatinya sangat berisiko menimbulkan kecelakaan antar pembalap di pitlane.

Baca Juga: Bos Petronas Yamaha SRT Kecewa Valentino Rossi Gagal Finis 10 Besar di MotoGP Prancis

Hal tersebutlah yang membuat Rossi tidak pernah menyukai sistem flag-to-flag di MotoGP. Ya, The Doctor –julukan Rossi– juga berpendapat bahwa sistem balap tersebut sangat berbahaya, serta mengecoh pembalap.

“Secara pribadi, saya tak suka balapan flag-to-flag, terutama karena balapan seperti itu lebih berbahaya. Dibandingkan tingkat stres dan kesulitannya, level bahayanya lebih tinggi,” jelas Rossi, sebagaimana dilaporkan oleh GPOne, Selasa (18/5/2021).

“Terkadang kami harus pakai ban kering dalam kondisi basah, atau sebaliknya. Saya lebih pilih balapan penuh sepanjang 45 menit, karena Anda bisa menentukan ritme, dan bisa punya strategi sendiri. Di sini, semuanya lebih mengecoh,” sambungnya.

“Kondisi yang berubah-ubah sangatlah disayangkan, karena saya tampil kuat dalam kondisi basah. Pada pagi hari, sesi pemanasan saya berjalan baik. Saya cepat dalam kondisi basah sepenuhnya. Ritme saya juga tak terlalu buruk dalam kondisi kering, jadi saya bisa balapan dengan baik pula.”

Valentino Rossi

“Akan tetapi, saya merasa bahwa seharusnya kami bisa menyelesaikan balapan ini di posisi yang lebih baik. Saya merasa, kami juga bisa start dengan ban basah medium dibanding lunak. Namun, jujur kami sudah mengira hujan deras bakal datang.”

Baca Juga: Valentino Rossi Merasa Senang Sekaligus Sedih Usai Akhiri MotoGP Prancis 2021

“Hasil balap saya tidak terasa spesial, namun tetap lebih baik karena kami mengonfirmasi kemajuan dari uji coba Jerez. Saya tak terlalu buruk, bisa bertahan di 10 besar. Tapi beginilah balapannya,” tuntas pembalap berusai 42 tahun tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini