Share

Marc Marquez Pensiun, 5 Pembalap Ini Bisa Dominasi MotoGP

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 12 Mei 2021 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 12 38 2409405 marc-marquez-pensiun-5-pembalap-ini-bisa-dominasi-motogp-TNCWZkIuRK.jpg Marc Marquez, juara dunia enam kali kelas MotoGP. (Foto: MotoGP.com)

JUARA dunia enam kali kelas MotoGP, Marc Marquez, sempat mengungkap kapan dirinya akan pensiun dari kompetisi balap yang membesarkan namanya ini. The Baby Alien –julukan Marc Marquez– mengaku akan pensiun ketika dirinya tak lagi tampil kompetitif, alias tak sanggup lagi memenangkan balapan.

“Ketika saya tidak merasa lagi mampu memenangkan balapan, bagi saya lebih baik di rumah saja. Karena saya di sini bertarung untuk mereka semua,” kata Marc Marquez, mengutip dari The Race.

Marc Marquez

Di saat yang bersamaan, Marc Marquez justru terlihat tak kompetitif dalam dua race awal tampil di MotoGP 2021. Setelah finis kesembilan di Portugal, Marc Marquez Cuma menyelesaikan balapan di posisi sembilan MotoGP Spanyol 2021. Pertanda Marc Marquez tak lagi kompetitif? Akankah Marc Marquez pensiun di akhir MotoGP 2021?

Jika Marc Marquez pensiun, sejumlah pembalap berpotensi menggantikan figur The Baby Alien di MotoGP. Siapa saja?

Berikut 5 pembalap yang bisa dominasi MotoGP setelah Marc Marquez pensiun:

5. Francesco Bagnaia

Francesco Bagnaia

Francesco Bagnaia merupakan juara dunia Moto2 2018. Setelah dua tahun (2019 dan 2020) berkiprah di MotoGP, Francesco Bagnaia menunjukkan kematangannya di MotoGP 2021. Kesempatan tampil di tim pabrikan Ducati membuat Francesco Bagnaia percaya diri melibas empat race awal MotoGP 2021.

Dari empat race awal, Francesco Bagnaia tiga kali naik podium! Dalam dua balapan terakhir, Francesco Bagnaia finis kedua di Portugal dan Spanyol. Alhasil, Francesco Bagnaia saat ini memuncaki klasemen sementara MotoGP 2021 dengan 66 angka. Hanya masalah waktu bagi Francesco Bagnaia untuk mendulang kemenangan perdana di kelas MotoGP.

4. Joan Mir

Joan Mir

Jika mendapatkan motor yang lebih bagus ketimbang Suzuki, Joan Mir yang berstatus juara MotoGP 2020 diprediksi akan mendominasi musim. Andai hengkang ke Ducati atau Yamaha, Joan Mir bisa saja mendominasi MotoGP, layaknya yang sering ditunjukkan Marc Marquez.

3. Fabio Quartararo

Fabio Quartararo

Fabio Quartararo merupakan satu dari dua pembalap yang sanggup memenangkan lebih dari satu race di MotoGP 2020. Musim ini, Fabio Quartararo pun sudah dua kali menang dari empat race awal MotoGP 2021.

Fabio Quartararo bahkan hampir mencatatkan hattrick kemenangan jika tak menderita arm pump di MotoGP Spanyol 2021. Karena itu, Fabio Quartararo merupakan calon kuat pengganti figur Marc Marquez di MotoGP.

2. Johann Zarco

Johann Zarco

Johann Zarco menyandang dua gelar juara dunia kelas Moto2 (2015 dan 2016). Sementara itu, kiprah rider asal Prancis di kelas MotoGP belum terlalu mentereng karena tak kunjung mendapatkan motor yang kompetitif.

Musim ini, ketika membela Pramac Ducati, Johann Zarco mulai menunjukkan kualitasnya. Ia sempat memimpin klasemen sementara MotoGP 2021 karena selalu finis runner-up di dua race awal. Kesimpulannya, jika mendapatkan motor yang kompetitif, semisal kesempatan membela tim pabrikan Ducati, hasil lebih gila diprediksi didapatkan rider 31 tahun.

1. Pedro Acosta

Pedro Acosta

Ketimbang pembalap lain, Pedro Acosta merupakan yang termuda. Rider asal Spanyol ini baru berusia 16 tahun dan kini mentas di ajang Moto3. Meski ini musim pertamanya mentas di kelas Grand Prix, Pedro Acosta langsung menggila.

Dalam empat race awal Moto3 2021, Pedro Acosta memenangkan tiga race di antaranya. Sementara satu race lainnya, Pedro Acosta finis di posisi dua.

Pujian pun dilontarkan sejumlah pembalap ternama, salah satunya Jorge Lorenzo. X-Fuera –sapaan akrab Jorge Lorenzo– bahkan menyebut Pedro Acosta lebih hebat ketimbang Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Casey Stoner dan Marc Marquez.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini