Masih Jelek saat Start, Vinales Akui Kekurangannya

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 17:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 38 2390366 masih-jelek-saat-start-vinales-akui-kekurangannya-OzM7WnJW9r.jpg Pembalap Yamaha, Maverick Vinales (Foto: MotoGP)

DOHA – Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, hanya bisa finis kelima dalam gelaran MotoGP Doha 2021. Menurut Vinales, hal ini terjadi karena ia masih belum bisa tampil bagus ketika start alias saat balapan dimulai.

Dalam balapan yang dihelat akhir pekan lalu itu, Vinales sebenarnya start dari posisi ketiga. Akan tetapi, begitu lampu berubah menjadi hijau, Vinales langsung diselak oleh banyak pembalap di belakangnya hingga ia terlempar ke urutan 11.

Baca juga: Baru Lakoni Dua Seri Balapan, Valentino Rossi Tak Mau Disebut Gagal

Kendati demikian, Vinales mampu bangkit dan mengejar ketertinggalannya. Bahkan pembalap berpaspor The Top Gun itu sempat bersaing memperebutkan posisi ketiga melawan Jorge Martin yang hampir di sepanjang balapan menuduki urutan terdepan.

Maverick Vinales

Maka dari itu Vinales cukup menyesali penampilan buruknya saat start. Menurut Vinales, seandainya ia bisa menjaga posisinya dengan baik ketika start, maka kemungkinan ia akan menyudahi balapan di posisi podium.

Baca juga: Tak Ada Marc Marquez Bikin Honda Menyerah Lebih Cepat

"Balapannya bagus. Saya sangat menikmati mengendarai motor. Dan motornya memiliki potensi besar. Saat start, itu adalah sesuatu yang perlu saya tingkatkan secara pribadi,” aku Vinales, dilansir dari Crash, Selasa (6/4/2021).

“Tidak ada alasan. Saya harus menjadi orang yang lebih cepat pada saat start dan saya perlu melakukannya sekarang. Masalah saya yang pertama sekali ada reaksi waktu, saya terlalu lambat,” jelas The Top Gun.

“Saya sempat sedikit mengalami selip dan hampir kehilangan keseimbangan pada ban bagian depan. Saat melihat start, saya kena asap dari ban depan,” sambungnya.

"Ketika saya melihat diri saya di urutan kesebelas, saya hanya berpikir, 'Saya harus menghemat ban dan pada akhirnya Anda akan kembali kuat.' Inilah yang saya lakukan. Ini membuat perbedaan. Balapan bagus. Saya bisa melawan dan ini penting,” tandas Vinales.

Maverick Vinales

Persoalan start yang buruk ini sebenarnya tidak hanya menimpa Vinales, namun juga para pembalap Yamaha lainnya seperti Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, hingga Valentino Rossi. Dan persoalan ini sudah ada sejak musim lalu.

Kendati demikian, Vinales menilai bahwa tetap ada aspek positif dalam pengembangan motor balap Yamaha, YZR-M1. Menurutnya, YZR-M1 kini memiliki potensi untuk bersaing memperebutkan gelar juara sebagaimana di masa lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini