Tanpa Marc Marquez, Ini Sisi Positif dan Negatif Honda di MotoGP Doha 2021

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 00:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 38 2389885 tanpa-marc-marquez-ini-sisi-positif-dan-negatif-honda-di-motogp-doha-2021-Ig0PWJ80hD.jpg Marc Marquez. (Foto: Instagram/@marcmarquez93)

LOSAIL – Manajer Tim Honda, Alberto Puig, membeberkan sisi positif dan negatif yang dituai timnya kala mentas di MotoGP Doha 2021. Tanpa Marc Marquez, Honda diketahui masih gagal menuai hasil manis.

Sebagaimana diketahui, Honda masih harus menjalani balapan tanpa sang pembalap andalan, yakni Marc Marquez. Dia menunda comeback ke MotoGP dengan absen di dua seri awal musim 2021 ini.

Pol Espargaro

Tanpa Marquez, Honda masih menderita. Hasil terbaik yang dituai Honda di MotoGP Doha 2021 hanyalah menempati urutan ke-13 lewat aksi sang pembalap anyar, Pol Espargaro.

BACA JUGA: Absen Panjang, Ezpeleta Kehilangan Marc Marquez di MotoGP

Sementara tiga pembalap lainnya, Stefan Bradl yang menggantikan Marc Marquez hanya mengisi posisi ke-14. Kemudian, dua pembalap Tim LCR Honda, yakni Taakaaki Nakagami finis di urutan 17, sementara Alex Marquez gagal finis.

BACA JUGA: Marc Marquez Tunda Comeback, Ezpeleta: Dia Akan Kembali saat Bisa Menang

Mendapati hasil ini, Puig tetap punya hal positif dan negatif. Baginya, hasil ini tetap terlihat positif karena pembalap Honda tak berjarak jaruh dengan sang pemenang secara catatan waktu.

Tetapi, hal negatifnya tetap saja berkaitan dengan hasil dalam balapan yang membuat pembalap Honda harus tercecer dari 10 besar. Perbaikan tentu saja diharapkan bisa didapat pada balapan berikutnya.

"Strateginya, seperti biasa, memulai dengan awal yang baik dan kemudian mengikuti kelompok utama di puncak. Sayangnya, Bradl melakukan kesalahan di awal yang membuatnya kehilangan keuntungan dari kualifikasi,” ujar Puig, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Selasa (6/4/2021).

“Di sisi lain, Pol memulai dengan awal yang cukup baik. Itu sangat penting karena dia mampu menghindari masalah di tikungan pertama yang masih dia alami di balapan pertama. Hasil keseluruhan lagi-lagi adalah aspek negatif dan Alex Marquez yang jatuh di tengah balapan. Itu tidak menguntungkan,” lanjutnya.

Alex Marquez

“Hal positifnya adalah Pol, meski ada beberapa kesalahan, dia selesai hanya enam detik di belakang pemenang dan hanya empat detik di belakang lima besar. Kami melihat itu belum cukup, tetapi perbedaannya tidak besar,” jelas Puig.

“Ini bukan tentang jeda 20 detik. Ada beberapa area yang lebih kecil yang harus kami kerjakan untuk menggabungkan semuanya dan kemudian kami akan menjadi bagian darinya,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini