Bangga, Zarco Bongkar Rahasianya Pecahkan Rekor Top Speed MotoGP

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 02:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 38 2386163 bangga-zarco-bongkar-rahasianya-pecahkan-rekor-top-speed-motogp-A6Gw4CpdUB.jpg Johann Zarco melesat bak peluru (Foto: MotoGP)

LOSAIL – Rekor top speed atau kecepatan puncak di MotoGP berhasil dipecahkan oleh Johann Zarco. Pembalap Tim Pramac Ducati itu tidak menyangka bakal menjadi pengukir catatan rekor. Meskipun bangga, ada dua hal yang turut membantunya mencatatkan rekor apik tersebut.

Sebuah momen pada FP4 menarik perhatian pecinta balapan motor. Johann Zarco mampu melewati Valentino Rossi dengan relatif mudah di trek lurus Sirkuit Internasional Losail, Qatar.

Baca juga: Meski Kecewa Gagal Podium di Qatar, Miller Tetap Temukan Hal Positif

Rider berkebangsaan Prancis itu melesat hingga menyentuh kecepatan 362,4 kilometer per jam (km/jam) di lintasan lurus. Angka tersebut memecahkan rekor kecepatan puncak MotoGP di semua jenis sirkuit.

Johann Zarco melewati Valentino Rossi (Foto: Twitter/@MotoGP)

Sang pemecah rekor mengaku tidak pernah menyangka bakal melesat sekencang itu di trek lurus. Menurutnya, laju tersebut terbantu oleh slipstream dan juga kecenderungannya untuk mengerem telat.

Baca juga: Dikalahkan Maverick Vinales, Johann Zarco Tetap Senang Naik Podium

“Ada dua hal, slipstream dan late braking. Anda harus melakukan keduanya secara bersamaan. Kami sempat berpikir mencapai 360 km/jam sungguh memungkinkan, tapi tidak menyangka 362 km/jam,” papar Johann Zarco, dilansir dari Crash, Selasa (30/3/2021).

“Sungguh senang dengan hasil itu karena selalu merupakan momen spesial,” sambung pembalap berusia 30 tahun tersebut.

Sayangnya, laju kencang itu menuai komentar negatif dari Valentino Rossi. Sekali pun kagum, pembalap Tim Petronas Yamaha SRT itu menyebut kecepatan di atas 330 km/jam sangat berbahaya.

“Apakah kecepatan itu berbahaya? Buat saya, lewat dari 330 km/jam saja sudah sangat berbahaya,” ujar Valentino Rossi.

Johann Zarco memecahkan rekor (Foto: Twitter/@pramacracing)

“Angka 330-360 km/jam sungguh luar biasa. Menurut saya, semua penggemar balap motor akan senang melihat angka tersebut. Simpel saja, impresif. Namun, tentu saja, kecepatan itu sungguh berbahaya,” lanjut The Doctor.

Jika dibandingkan dengan kecepatan puncak Yamaha (dalam hal ini Valentino Rossi), angka yang ditorehkan Johann Zarco sungguh bikin mata membelalak. Bila Zarco mencatatkan kecepatan 362,4 km/jam, Rossi hanya bisa melaju paling kencang 347,2 km/jam (pada FP4).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini