Quartararo Berdoa Marc Marquez Comeback di Portugal

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 38 2386155 quartararo-berdoa-marc-marquez-comeback-di-portugal-7EfGFvxvvm.jpg Marc Marquez siap kembali (Foto: Honda Racing Corporation)

LOSAIL – Absennya Marc Marquez pada dua balapan MotoGP di Qatar sungguh disayangkan. Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, berharap rivalnya itu kembali ikut balapan pada seri MotoGP Portugal 2021, 18 April mendatang, di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao.

Sebagaimana diketahui, Marc Marquez sudah absen mengaspal di lintasan balap sejak Juli 2020. Pembalap andalan Repsol Honda itu bergelut dengan cedera patah tulang humerus di lengan kanannya sepanjang delapan bulan terakhir.

Baca juga: Masih Gantikan Marc Marquez Pekan Depan, Stefan Bradl Pede Finis 10 Besar

Lamanya pemulihan cedera dikhawatirkan bakal menggerus kemampuan Marc Marquez. Paling tidak, butuh waktu bagi The Baby Alien untuk kembali mendapat perasaan bagus di atas motor Honda RC213V.

Marc Marquez melaju di Portimao (Foto: HRC)

Kekhawatiran yang sama diungkapkan Fabio Quartararo. Pembalap berjuluk El Diablo itu menilai Marc Marquez akan kesulitan di awal-awal kembali naik motor. Pun begitu, ia berharap dapat bertemu sang rival di Portimao.

Baca juga: Quartararo Penasaran Ingin Intip Data Vinales Usai Menangi MotoGP Qatar 2021

“Dia lebih tahu dari siapa pun soal kondisinya dan bagaimana mengendarai motor MotoGP. Dia akan kehilangan poin, tetapi hal terpenting buat saya adalah kembali ke bentuk terbaik,” papar Fabio Quartararo, dikutip dari AS, Selasa (30/3/2021).

“Dia masih belum naik motor MotoGP dalam berbulan-bulan dan akan kesulitan di awalnya. Tapi, tidak akan terlalu kesulitan. Kami berharap dapat kembali melihatnya di Portimao,” imbuh pria berkebangsaan Prancis tersebut.

Sementara itu, Manajer Repsol Honda Alberto Puig menjelaskan alasan absennya sang andalan. Menurut apa yang dilihatnya, Marc Marquez sudah bisa mengendarai motor seperti biasa lagi. Kali ini, semua pihak memilih mendengarkan saran dokter untuk menunda comeback ke lintasan balap.

“Dokter sudah mempertimbangkan masih ada sedikit lagi untuk mencapai kondisi 100% saat kembali. Itu alasan utamanya. Kami sengaja mengujinya di Barcelona dan Portimao,” papar Alberto Puig.

Marc Marquez sudah bisa naik motor RC213V-S (Foto: HRC)

“Dia mampu melaju kencang, tetapi dokter ingin kami semua menunggu sedikit lebih lama. Bukan karena dia tidak bisa naik motor, tetapi tekanan pada tubuhnya terlalu besar,” lanjut pria berkebangsaan Spanyol itu.

Absennya Marc Marquez membuat Repsol Honda harus kembali mengandalkan Stefan Bradl. Alberto Puig mengakui situasi ini tidak ideal. Namun, ia berharap Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 tidak terganggu sehingga masih ada kesempatan merebut gelar juara dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini