Bukan Valentino Rossi, Ini Faktor Kunci Franco Morbidelli di Tim Yamaha Petronas SRT

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Minggu 28 Maret 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 28 38 2385235 bukan-valentino-rossi-ini-faktor-kunci-franco-morbidelli-di-tim-yamaha-petronas-srt-BccDodYM6C.jpg Valentino Rossi dan Franco Mordibelli. (Foto/Yamaha)

DOHA - Franco Morbidelli merupakan rekan setim Valentino Rossi di Tim Petronas Yamaha SRT. Meski berduet dengan juara dunia tujuh kali yakni Valentino Rossi, namun ada faktor penting yang membuat Franco Morbidelli bisa menjadi yang tercepat di MotoGP 2021.

Franco Morbidelli tampil menggila di sesi latihan bebas ketiga MotoGP Qatar 2021 di Sirkuit Losail, Qatar, pada Sabtu 27 Maret 2021 malam WIB. Pembalap Italia-Brasil itu menjadi yang tercepat dalam sesi ini usai mencatatkan waktu terbaiknya dengan 1 menit 54,676 detik.

Foto/Twitter

Catatan waktu Morbidelli unggul 0,165 detik dari pembalap Tim Aprilia Gresini, Aleix Espargaro, yang mengekor di tempat kedua. Kemudian, posisi ketiga ditempati oleh pembalap Tim Sky VR46 Avintia Ducati, yakni Luca Marini.

Baca juga: Bukan Quartararo atau Mir, Valentino Rossi Paling Waspadai Pembalap Ini di Qatar

Catatan waktu Marini dalam latihan bebas tiga ini terpaut 0,179 detik dari Morbidelli yang keluar sebagai tercepat. Kemudian, posisi keempat diisi oleh pembalap Tim Suzuki Ecstar, yakni Alex Rins.

Baca juga: Valentino Rossi Hadapi Marini di MotoGP Qatar 2021, sang Ibu Dukung Siapa?

Posisi lima besar dalam latihan bebas ketiga MotoGP Qatar 2021 ini ditempati oleh Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). Catatan waktu Quartararo terpaut 0,394 detik dari Morbidelli yang keluar sebagai tercepat.

Meski sejumlah pembalap berhasil tampil apik, pembalap gaek Tim Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, belum bisa memberi gebrakan berarti. Dia bahkan tercecer ke urutan 16 dalam latihan bebas ketiga ini

Di balik kehebatan Franco Morbidelli, ternyata dia mengandalkan pengalaman kepala kru. Dia adalah Ramon Forcada.

“Dia memang faktor penting, tapi material dan skill Franco juga sangat penting,” kata Manajer tim Petronas Yamaha Wilco Zeelenberg mengutip Speedweek, Minggu (28/3/2021).

“ Hubungan dengan kepala kru sangatlah penting, namun di sisi lain, jika Anda tidak memiliki material yang tepat dan sikap mental yang tepat, hal tersebut juga tidak akan berhasil. Tapi ya, sepertinya kita memiliki pasangan yang cocok," tambahnya.

Forcada sudah memenangkan tiga gelar bersama Jorge Lorenzo di tim Yamaha. Maverick Viñales kemudian menggantinya dengan Esteban Garcia. Dia kemudian beralih ke pembalap Petronas Morbidelli untuk musim 2019.

Foto/Instagram

“Ramon sangat berpengalaman, dia telah bekerja dengan banyak pembalap. Tapi dia selalu punya pembalap dengan karakter yang sangat kuat dan langsung, seperti Kocinski atau Jorge. Franky memiliki karakter yang sama sekali berbeda, dia sangat sopan dan berpikir dengan hati-hati sebelum mengatakan apapun,” lanjut Wilco Zeelenberg.

“Dia sangat pintar tentang itu, saya pikir dia mempelajarinya dengan baik di Akademi. Ketika dia berbicara, saya mendengar kalimat yang sama seperti yang saya lakukan dengan Vale,”ungkap Zeelenberg.

Meski begitu dalam sesi kualifikasi yang digelar dini hari tadi, Franco Morbidelli harus puas menduduki posisi tujuh. Ia kalah bersaing dari sang mentor, Valentino Rossi, yang akan start di posisi empat pada MotoGP Qatar 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini