5 Pembalap Terakhir yang Jadi Pemenang MotoGP Qatar, Jawara 2018 dan 2019 Absen

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 38 2383799 5-pembalap-terakhir-yang-jadi-pemenang-motogp-qatar-jawara-2018-dan-2019-absen-mDYQzppogy.jpg Andrea Dovizioso, Marc Marquez, dan Valentino Rossi. (Foto: MotoGP)

MOTOGP Qatar 2021 akan menjaadi seri pembuka pada musim ini. Balapan perdana MotoGP 2021 itu pun akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada Minggu 28 Maret 2021 malam waktu setempat atau Senin 29 Maret 2021 dini hari WIB.

Balapan ini akan sangat dinantikan karena pada musim lalu, MotoGP Qatar, harus batal digelar akibat merebaknya virus Covid-19. Karena itu, para pembalap kini bersiap untuk kembali menorehkan prestasi manis di seri pembuka MotoGP 2021 itu.

BACA JUGA: Comeback Marc Marquez Tertunda, Valentino Rossi: Dia Akan Jadi Lebih Kuat Lagi

Sejumlah nama pun difavoritkan jadi pemenang saat tak ada Marc Marquez dalam balapan tersebut. Sebagian pembalap jadi favorit karena pernah meraih kemenangan sebelumnya di Qatar. Siapa saja mereka? Berikut lima pembalap terakhir yang jadi pemenang MotoGP Qatar:

BACA JUGA: Tatap MotoGP 2021, Valentino Rossi Masih Impikan Gelar Juara Ke-10

5. Marc Marquez

Di urutan kelima, ada nama Marc Marquez. Dia pernah merasakan manisnya memenangi balapan di Sirkuit Losail pada gelaran MotoGP Qatar 2014. The Baby Alien -julukan Marquez- menorehkan prestasi manis ini saat baru memasuki tahun keduanya balapan di MotoGP.

Marc Marquez

Musim 2014 memang bisa dibilang jadi salah satu musim terbaik dalam karier Marquez. Dia meraih 13 kemenangan dari total 18 seri yang digelar pada MotoGP 2014. Sepuluh kemenangannya bahkan diraih beruntun sejak seri pembuka yang digelar di Qatar, hingga di Indianapolis.

Untuk menang di MotoGP Qatar 2014 sendiri, langkah Marquez tidaklah sulit. Dia sudah tampil menggila sejak sesi kualifikasi hingga memulai balapan dari posisi terdepan. Meski mendapat perlawanan dari sejumlah pembalap termasuk Valentino Rossi, Marquez mampu mempertahankan kepemimpinannya hingga garis finis dan keluar sebagai pemenang.

4. Valentino Rossi

Berikutnya, adaa nama Valentino Rossi. Pembalap berjuluk The Doctor ini tercatat sudah beberapa kali meraih kemenangan di MotoGP Qatar. Salah satunya terjadi pada musim 2015.

Valentino Rossi

Kala itu, Rossi berhasil mengundang decak kagum lewat aksi memukaunya dan membuktikan diri menjadi pembalap yang sangat berbakat di MotoGP. Sebab, Rossi meraih kemenangan di Qatar kala hanya memulai balapan dari urutan kedelapan.

Tetapi, dia membuktikan bahwa posisi di grid tak berarti apa pun. Satu per satu lawannya berhasil dilewati hingga Rossi akhirnya keluar sebagai pemenang. Di podium, Rossi ditemani oleh Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone yang menempati podium pertama dan kedua beruntun.

3. Jorge Lorenzo

Selain Marquez dan Rossi, Jorge Lorenzo juga tampil kompetitif di MotoGP Qatar, tepatnya pada 2016. Jorge Lorenzo memenangi balapan di Qatar pada musim tersebut saat masih membela tim pabrikan Yamaha.

Valentino Rossi

Lorenzo yang tampil kompetitif sejak kualifikasi bisa mempertahankannya hingga balapan sesungguhnya. Bak tak tertandingi, Lorenzo menyentuh garis finis dengan keunggulan waktu hingga 2,019 detik dari Andrea Dovizioso yang mengekor di tempat kedua.

2. Maverick Vinales

Di urutan kedua, ada nama Maverick Vinales. Pembalap yang satu ini juga pernah merasakan manisnya menempati podium pertama di MotoGP Qatar. Hal itu tepatnya terjadi pada musim 2017.

Maverick Vinales

Vinales tampil begitu gemilang sejak sesi kualifikasi MotoGP Qatar 2017. Alhasil, dia bisa menempati posisi terdepan di grid. Konsistensi pun mampu dijaganya hingga keluar sebagai pemenang dengan catatan waktu 38 menit 59,999 detik.

1. Andrea Dovizioso

Terakhir, ada nama Andrea Dovizioso. Pembalap yang satu ini mampu memenangkan balapan di Qatar dalam dua musim beruntun, yakni tepatnya pada 2018-2019.

Andrea Dovizioso

Di musim 2018, Dovizioso meraih kemenangan setelah finis dengan catatan waktu 42 menit 34,654 detik. Kemenangan ini diraih usai bersaing begitu ketat dengan Marquez. Saking ketatnya persaingan, catatan waktunya dengan Marquez hanya terpaut 0,027 detik.

Semusim kemudian, Dovizioso kembali meraih kemenangan. Kembali, persaingan ketat dirinya dan Marquez tersaji dalam perebutan kemenangan di MotoGP Qatar 2019. Sayangnya, persaingan ketat ini takkan tersaji pada musim ini. Sebab, Dovizioso kini tengah memasuki masa vakum dari MotoGP, sementara Marquez harus absen lantaran didera cedera panjang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini