5 Fakta Jelang Duel Dewa Kipas vs GM Irene Kharisma Sukandar

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 22 Maret 2021 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 22 43 2381801 5-fakta-jelang-duel-kipas-vs-gm-irene-kharisma-sukandar-6Lb5r8G68b.jpg Dadang Subur alias Dewa Kipas. (Foto: Ist)

DUEL catur yang mempertemukan Dadang Subur alias Dewa Kipas dengan Grand Master (GM) Catur Indonesia, Irene Kharisma Sukandar dipastikan akan berlangsung hari ini, Senin (22/3/2021) pada pukul 15.00 WIB. Deddy Corbuzier pun siap menjadi tuan rumah dalam duel catur yang sangat ditunggu-tunggu tersebut.

Seperti yang diketahui dalam beberapa pekan terakhir in, dunia percaturan Tanah Air tengah dihebohkan dengan adanya kasus Dadang Subur dengan pecatur asal Amerika Serikat (AS) Levy Rozman alias Gotham Chess.

Akun Dadang Subur terblokir, lantaran para penggemar Levy menuduhnya melakukan kecurangan. endapatkan tuduhan seperti itu, netizen Indonesia lantas ramai-ramai menyerang Levy Rozman, baik itu media sosialnya maupun akun youtube GothamChess.

Singkat cerita, Dadang Subur pada akhirnya diundang ke acara youtube Deddy Corbuzier untuk ditanyai bagaimana cerita seutuhnya. Setelah menceritakan dari sisi Dadang Subur, video tersebut ternyata mendapatkan tanggapan dari Grand Master (GM) Indonesia, Irene Kharisma Sukandar.

Melalui twitter, Irene Kharisma mengirimkan surat terbuka kepada Deddy Corbuzier agar diberi kesempatan untuk datang ke video podcast-nya. Irene pun merasa Dadang Subur melakukan hal-hal kecurangan dan ia pun siap menghadapi Dewa Kipas untuk membuktikannya.

Jadi, begitulah awal mula terjadinya pertarungan Dadang Subur dengan GM Irene Kharisma. Tentunya ada fakta-fakta menarik terkait duel catur tersebut, apa saja itu?

Berikut 5 Fakta Jelang Duel Dewa Kipas vs GM Irene Kharisma Sukandar

5. Total Hadiah Ada Rp300 Juta

Dadang Subur saat diundang ke acara youtube Deddy Corbuzier

Dalam duel Dewa Kipas vs GM Irene Kharisma nanti dipastikan bahwa yang menang dan kalah tetap akan mendapatkan apresiasi berupa uang yang jika ditotalkan menjadi Rp300 juta. Rp200 juta akan diberikan kepada pemenang, sedangkan Rp100 juta diberikan untuk yang kalah.

Awalnya sendiri Deddy Corbuzier selaku yang memprakarsai pertandingan catur itu hanya menyiapkan dana Rp150 juta. Akan tetapi, Crazy Rich Medan, Indra Kusuma ikut menyumbangkan dana agar tanding catur itu memiliki total hadiah Rp300 juta.

4. Dilangsungkan di Kediaman Deddy Corbuzier

Dewa Kipas vs Irene Kharisma

Deddy Corbuzier bisa dikatakan menjadi awal terciptanya pertarungan catur antara Dewa Kipas vs GM Irene Kharisma. Oleh karena itu, ia pun bakal menjadi tuan rumah dalam permainan persahataban itu.

Deddy Corbuzier akan menjadikan rumahnya untuk melangsungkan adu tanding catur tersebut. Ia pun memastikan akan menayangkannya secara live di youtuber pribadinya.

3. Dewa Kipas Berangkat dari Bandung Pagi Ini

Dewa Kipas vs Irene Kharisma

Dewa Kipas alias Dadang Subur dikabarkan sudah berangkat dari kediaman yang berada di wilayah Bandung pada pagi hari ini, Senin (22/3/2021). Ia bakal langsung menuju kediaman Deddy Corbuzier untuk mempersiapkan diri menghadapi GM Irene Kharisma pada pukul 15.00 WIB.

2. Asal Usul Gelar Grand Master Irene Kharisma

GM Catur Indonesia, Irene Kharisma Sukandar

Irene Kharisma adalah pecatur pertama Indonesia yang berhasil menyandang gelar Grand Master Internasional Wanita (GMIW). Gelar itu disandangnya sejak Desember 2008.

Dengan menyandang status tersebut, prestasi gemilang dipastikan telah diukir Irene di dunia catur. Perempuan kelahiran Jakarta 7 April 1992 ini bahkan telah membawa harum nama Indonesia di beragam kompetisi bergengsi.

Dia telah mewakili Indonesia dalam empat Olimpiade Catur, yakni pada 2004, 2006, 2008, dan 2010. Dari keikutsertaannya itu, Irene telah berhasil merebut medali perak yang terjadi pada Olimpiade Catur 2004.

Pencapaian ini terbilang luar biasa karena usianya sendiri kala itu diketahui masih sangat muda. Irene membela Indonesia dalam ajang yang berlangsun di Calvia, Spanyol, itu saat usianya masih 12 tahun.

Selain Olimpiade Catur, Irene juga berhasil menorehkan prestasi manis di ajang SEA Games. Pada gelaran SEA Games 2003 yang berlangsung di Vietnam, dia merebut dua medali perak sekaligus.

Prestasinya terus berlanjut di kancah internasional. Dia bahkan mengukir sejarah dengan menjadi pecatur perempuan pertama Indonesia yang juara Asian Continental Chess Championship kategori women standard chess. Berkat kesuksesan ini, Irene lolos ke Kejuaraan Dunia Catur Wanita 2015.

Irene lagi-lagi menorehkan rekor baru dalam kariernya di dunia catur dengan kesuksesan tersebut. Dia mencatatkan namanya sebagai pecatur perempuan pertama Indonesia yang tampil di Kejuaraan Dunia Catur Wanita 2015.

Irene juga memecah rekor MURI pada 2008 dengan menyandang status sebagai perempuan pertama Indonesia yang bergelar Grand Master. Dengan sederet pencapaian fantastisnya di dunia catur, menarik untuk melihat pertandingan Irene melawan Dadang Subur yang akan tersaji pada Senin 22 Maret 2021.

1. Asal Usul Julukan Dewa Kipas Melekat di Dadang Subur

Dadang Subur saat diundang ke acara youtube Deddy Corbuzier

Dalam video youtube Deddy Corbuzier, Dadang Subur menjelaskan kenapa nama akunnya di Chess.com adalah Dewa Kipas. Jadi, awal ceritanya itu julukan Dewa Kipas diberikan oleh rekan Dadang Subur saat masih bekerja di Kalimantan Barat.

Dadang Subur mengaku dulunya ia cukup jago bermain tenis meja karena sempat berlatih dengan Atlet SEA Games, Sinyo Supit. Singkat cerita, Dadang Subur kerap kali meraih kemenangan saat adu tanding tenis meja.

Bahkan Dadang Subur mengaku sempat menjadi pemenang lomba tenis meja yang dilakukan di Kalimantan Barat. Pada suatu ketika, saat ia bertanding tenis meja dengan kawannya yang seorang pengusaha, Dadang Subur kembali menang.

Penasaran dengan kehebatan Dadang Subur, kawannya itu akhirnya lihat bet yang dipakainya. Saat melihat bet merek ternama yang iasa dipakai petenis meja dunia, Wang Liqin, kawannya itu langsung memanggil Dadang Subur dengan sebutan Dewa Kipas. Jadi, kurang lebih itulah awal mula julukan Dewa Kipas melekat di diri Dadang Subur.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini