Ciabatti Tak Pungkiri Peran Penting Dovizioso dan Petrucci di Ducati

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Sabtu 20 Maret 2021 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 38 2380940 ciabatti-tak-pungkiri-peran-penting-dovizioso-dan-petrucci-di-ducati-5a5NKj3soz.jpg Andrea Dovizioso di MotoGP 2020 (Foto: MotoGP)

BOLOGNA – Tim Ducati akan tampil dengan formasi baru pada gelaran MotoGP 2021. Pabrikan asal Italia itu menunjuk dua pembalap muda yakni Jack Miller dan Francesco Bagnaia untuk bersaing di kelas utama kali ini.

Miller dan Bagnaia jadi pilihan untuk menggantikan posisi Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci yang sama-sama memutuskan berpisah pada akhir musim kemarin.

Petrucci akan membalap bersama tim barunya yakni KTM Tech3 musim ini. Sementara kabar terakhir dari Dovi, rider asal Italia itu memilih untuk pensiun selama satu musim.

Namun, rumor lain mengatakan Dovizioso akan ambil bagian untuk membantu tim Aprilia Gresini pada tes pramusim di Sirkuit Jerez, April mendatang.

Baca juga: Prediksi Ciabatti soal Duet Jack Miller dan Francesco Bagnaia di MotoGP 2021

Keputusan Ducati untuk berpisah dari para pembalap senior sempat menimbulkan banyak pertanyaan. Terlebih, Ducati harus berpisah dengan sosok Andrea Dovizioso yang notabene merupakan rider yang mereka andalkan pada beberapa musim terakhir.

Desmodovi -julukan Dovizioso- sendiri telah bekerja sama dengan Ducati sejak 2013. Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, buka suara terkait keputusan ini.

Meski telah memutuskan untuk menunjuk rider baru, Ciabatti mengatakan Ducati tak pernah melupakan jasa besar yang telah diberikan para pembalapnya, termasuk Dovizioso.

Lebih lanjut, menurut Ciabatti keduanya punya peran penting dalam perkembangan Desmosedici di kelas utama MotoGP. Hanya saja untuk musim ini, Ducati merasa perlu melakukan perubahan untuk melihat potensi pembalap lain.

“Tanpa merendahkan apa yang sudah kami lakukan bersama Andrea dan Danilo (Petrucci), berdasarkan berbagai alasan perubahan radikal memang dibutuhkan. Saya yakin bahwa kebijakan menghadirkan energi baru lewat rider muda di semua tim memang langkah yang tepat,” ujar Ciabatti.

“Inilah saatnya memikirkan masa depan dengan beberapa pembalap yang masih punya prospek untuk berkembang," tandas Ciabatti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini