Valentino Rossi Minta Yamaha Tiru Cara Kerja Suzuki

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 00:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 14 38 2377665 valentino-rossi-minta-yamaha-tiru-cara-kerja-suzuki-kA44vjKvQU.jpg Pembalap Yamaha, Valentino Rossi (Foto: Instagram @sepangracingteam)

TAVULLIA – Valentino Rossi menilai Yamaha masih perlu melakukan banyak perbaikan jelang dimulainya musim balap MotoGP 2021. Bahkan, Valentino Rossi menilai kalau Yamaha harus meniru cara kerja yang dilakukan oleh Suzuki.

Dalam gelaran MotoGP 2020 Suzuki pasalnya berhasil membuat kejutan. Pembalap muda mereka, Joan Mir, tampil sebagai juara dunia. Meski Mir hanya sekali memenangkan seri balapan musim lalu, namun ia mampu tampil konsisten.

Baca juga: Jelang MotoGP Qatar 2021, Alex Rins Perhitungkan Marc Marquez

Mir tercatat sebagai pembalap yang tampil paling konsisten musim lalu dengan sebanyak tujuh kali meraih podium. Kondisi ini agak bersimpangan dengan pembalap Yamaha. Contohnya Fabio Quartararo, yang meski memenangkan tiga balapan, namun gagal naik podium selain dalam seri tersebut.

Fabio Quartararo

Menurut Valentino Rossi, tim Yamaha yang berada di Jepang dan Eropa harus saling bekerja sama demi menciptakan mesin yang hebat. Sebab, cara kerja seperti itulah yang diperagakan oleh Suzuki dan terbukti mampu membuahkan hasil.

Baca juga: Petronas Yamaha SRT Jadikan Morbidelli Andalan di MotoGP 2021

"Saya pikir bahwa sistem Jepang memiliki banyak kekuatan, tetapi juga sistem Eropa dan Italia. Anda harus bekerja sama di MotoGP modern. Saya pikir itu adalah kunci sukses Suzuki," ujar Valentino Rossi, dinukil dari Motorsport Total, Senin (15/3/2021).

Walau saat ini motor balap Yamaha masih belum sempurna, namun Valentino Rossi yakin bahwa ke depannya YZR-M1 akan menjadi kompetitif. Apalagi, Yamaha telah mengontrak Cal Crutchlow menjadi pembalap penguji.

"Sekarang ini terlihat bagus karena kami memiliki tim penguji dengan Cal Crutchlow dan Silvano Galbusera. Kami memiliki hal-hal yang menarik. Cal dalam kondisi yang baik dan dia sangat termotivasi. Saya pikir dia dapat membantu kami seiring berjalannya musim,” sebut The Doctor.

Meski musim lalu Valentino Rossi merasakan kekecewaan karena gagal menampilkan performa yang kompetitif, namun ia percaya tahun bisa tampil oke. The Doctor pasalnya sudah menjajal motor balap Yamaha dan merasakan adanya perubahan ke arah yang lebih baik.

Valentino Rossi

"Saya merasa baik, saya merasa lebih baik. Saya merasa baik di tim. Motornya sedikit meningkat dan saya bisa mengendarainya sedikit lebih baik. Saya jauh lebih cepat saat menyerang daripada tahun lalu,” papar Valentino Rossi.

β€œItu juga berlaku untuk kecepatan balapan. Masalahnya adalah banyak pembalap lain yang lebih cepat. lebih cepat juga dari tahun lalu. Untuk memahami level kami, kami harus menunggu balapan pertama," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini