Gabung Petronas SRT, Gaji Valentino Rossi Dibayar Yamaha

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 38 2373084 gabung-petronas-srt-gaji-valentino-rossi-dibayar-yamaha-MQpPrjvDwl.jpg Valentino Rossi menghangatkan tubuh di perapian (Foto: Twitter/@ValeYellow46)

MOL – Manajer Tim Petronas Yamaha SRT, Wilco Zeelenberg, mengungkap sebuah fakta berbeda mengenai kedua pembalapnya, Valentino Rossi dan Franco Morbidelli. Ternyata, keduanya digaji oleh dua pihak berbeda. Rossi digaji langsung oleh Yamaha, sedangkan gaji Morbidelli dibayar tim.

Sebagaimana diketahui, Valentino Rossi sepakat bergabung dengan Tim Petronas Yamaha SRT untuk Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. The Doctor diikat dengan kontrak selama setahun plus opsi perpanjangan selama setahun.

Baca juga: Valentino Rossi Takkan Jajal Motor Lama Yamaha

Dibutuhkan waktu sekira enam bulan untuk mencapai kata sepakat. Manajer Pelaksana Yamaha MotoGP, Lin Jarvis menerangkan, berlarutnya negosiasi karena melibatkan tiga pihak, yakni Yamaha, Valentino Rossi, dan Petronas SRT.

Valentino Rossi resmi berseragam Tim Petronas Yamaha SRT (Foto: MotoGP)

Terungkap kemudian, kontrak Valentino Rossi bergabung ke Petronas Yamaha SRT, sesuai kontrak sang pembalap dengan pihak Yamaha. Gaji pembalap berusia 42 tahun itu juga dibayar oleh Yamaha, bukan oleh tim seperti halnya Franco Morbidelli.

Baca juga: Valentino Rossi Beberkan Perbedaan Cara Kerja Tim Satelit dan Pabrikan

“Vale datang ke tim kami dengan kontrak bersama Yamaha, jadi itu memberi kami sedikit situasi berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” ujar Wilco Zeelenberg, dilansir dari Crash, Jumat (5/3/2021).

“Sebab, kami sebelumnya langsung menggaji para pembalap di masa lalu. Tahun ini, Yamaha yang membayar Valentino,” imbuh pria asal Belanda itu.

Situasi tersebut mau tidak mau harus diterima Wilco Zeelenberg dan Petronas SRT sebagai tim satelit/independen Yamaha. Sekali pun Valentino Rossi digaji oleh Yamaha, bukan berarti tim akan menganaktirikan Franco Morbidelli.

Well, oke kami bisa menerima (situasi) ini. Namun, di sisi lain, kami ingin melindungi Franco, terutama setelah hasil yang diraihnya musim lalu,” terang Wilco Zeelenberg.

Valentino Rossi berlatih di ranch (Foto: Twitter/@ValeYellow46)

“Sangat jelas dia adalah pihak yang memegang kendali di tim saat ini atas hasil-hasil yang kami raih,” tukas mantan pembalap motor tersebut.

Kendati dua pembalapnya terikat kontrak yang berbeda, Petronas Yamaha SRT akan tetap memberikan perlakuan yang setara. Franco Morbidelli dan Valentino Rossi dipersilakan untuk saling sikut di lintasan, selama tidak merugikan tim.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini