Rinov/Pitha Terhenti di 16 Besar Swiss Open 2021, Ini Kata Pelatih

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 01:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 40 2372580 rinov-pitha-terhenti-di-16-besar-swiss-open-2021-ini-kata-pelatih-qA5rPvKLlM.jpg Asisten pelatih ganda campuran Indonesia, Nova Widianto (Foto: PBSI)

BASEL - Asisten pelatih ganda campuran Indonesia, Nova Widianto, ikut memberikan komentar atas kakalahan pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di ajang Swiss Open 2021.

Rinov/Pitha takluk dari pasangan India Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa. Wakil Merah-Putih ini takluk lewat pertarungan dua gim langsung.

Menurut Nova, Rinov/Pitha sebenarnya punya kualitas permainan yang tak kalah mumpuni. Hanya saja Nova menilai keduanya masih terlalu sering melakukan kesalahan-kesalahan minor yang berakibat pada hilangnya fokus di lapangan.

Baca juga: Rinov/Pitha Tumbang dari Pasangan India pada 16 Besar Swiss Open 2021

"Rinov/Pitha secara main sudah benar, tapi saat posisi unggul atau imbang, mereka malah banyak membuang poin dari servis. Banyak juga bola-bola yang tidak seharusnya mati," ujar Nova Widianto seperti dilansir dari laman PBSI, Jumat (5/3/2021).

"Dari situ, mereka langsung blank. Pola permainannya jadi berubah. Rinov sendiri belum bisa mengontrol antara ketenangan dan kecepatan kaki. Dia sendiri menyadari hal itu, tapi belum bisa mengatasinya," sebut Nova.

Bermain di St Jakobshalle, Basel, pada Kamis 4 Maret 2021 sore WIB, Rinov/Pitha gagal mengatasi perlawanan sengit dari Rankireddy/Ponnappa. Sejatinya, Rinov/Pitha bisa memberi perlawanan sengit juga kepada Rankireddy/Ponnappa di awal laga set pertama.

Sempat tertinggal dan kejar-kejaran angka, juara Swiss Open 2019 akhirnya bisa memimpin dengan skor 8-5. Sayang, beberapa kesalahsan sendiri membuat wakil Merah Putih tertekan hingga kehilangan gim pertama dengan 18-21.

Sementara di gim kedua, pasangan India bermain lebih percaya diri setelah mengamankan gim pertama. Rankireddy/Ponnappa unggul 11-10 pada interval gim kedua.

Rankireddy/Ponnappa kembali memegang kendali permainan. Smash keras Rankireddy dan sergapan cepat Ponnappa bebepa kali menyulitkan pasangan Indonesia. Rinov/Pitha pun dipaksa menyerah setelah kembali gagal di gim kedua dengan 16-21.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini