Share

Resmi Memeluk Islam, Atlet Kriket Ini Copot Logo Bir yang Ada di Seragam Tim

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 10 Februari 2021 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 43 2359667 resmi-memeluk-islam-atlet-kriket-ini-copot-logo-bir-yang-ada-di-seragam-tim-89r1FVcYAa.jpg Wayne Parnell (Foto: Instagram @parnygram)

PORT ELIZABETH Wayne Parnell merupakan seorang atlet kriket berkebangsaan Afrika Selatan. Pada 2011, ia pernah membuat keputusan yang cukup mengejutkan banyak orang lantaran memilih menjadi mualaf alias masuk ke dalam agama Islam.

Sejumlah pihak menilai bahwa pada saat itu Parnell terpengatuh oleh beberapa rekan setimnya yang memeluk agama Islam. Akan tetapi, Parnell menerangkan bahwa ia beralih menjadi seorang Muslim atas dasar keinginannya sendiri dan tak ada paksaan dari pihak manapun.

Baca juga: 5 Potret Wilda Nurfadhilah, Pevoli Cantik Tanah Air yang Pilih Hijrah dan Berhijab

Pria kelahiran 30 Juli 1989 itu juga mengungkapkan bahwa ia telah mempelajari agama Islam cukup lama sebelum memutuskan menjadi mualaf. Meski begitu, ia tak ingin persoalan pindah agama ini dibesar-besarkan. Sebab, ia merasa itu adalah hal yang bersifat pribadi.

Wayne Parnell

“Saya masuk Islam pada Januari 2011, setelah masa studi pribadi dan refleksi dan itu adalah keyakinan yang selalu saya minati. Pilihan iman saya adalah masalah yang ingin saya rahasiakan," ujar Parnell, dikutip dari ESPN Cricinfo.

Baca juga: Legenda Tinju Mike Tyson Butuh Allah SWT

Menariknya, setelah Parnell memutuskan memeluk agama Islam, ia tidak lagi mengenakan logo perusahaan bir yang seharusnya terdapat dalam seragam tim Afrika Selatan. Sebab, sebagai seorang Muslim, Parnell tak mau mempromosikan minuman beralkohol tersebut.

Sebagaimana diketahui, bir dan minuman keras merupakan sessuatu yang dilarang dalam Islam. Parnell pun berusaha membicarakan hal ini bersama agennya dan pihak sponsor. Mereka pun bisa memaklumi dan menghargai keinginan Parnell.

“Saya hanya merasa bahwa ada banyak rumor yang beredar (tentang pilihannya menjadi seorang Muslim) dan jelas menjadi pemain kriket internasional untuk Afrika Selatan yang disponsori oleh sebuah perusahaan alkohol,” sebut Parnell.

“Mereka akan melihat di kaos bahwa ada sesuatu yang hilang. Jadi saya merasa pada saat bersama agen saya, kami membuat sesuatu dan mengumumkannya," lanjut pemain yang dijuluki Pigeon tersebut.

Wayne Parnell

Parnell sejatinya tidak sendirian. Di tim Afrika Selatan terdapat beberapa pemain Muslim lain seperti Hashim Amla, Imran Tahir, dan Farhaan Behardien. Mereka pun menolak menggunakan logo perusahaan bir di seragam mereka.

Disebutkan bahwa setelah memeluk Islam Parnell juga menubah namanya. Ia kini memiliki nama Waleed yang bermakna anak yang baru terlahir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini