Eks Prinsipal Ferrari Ungkap Alasan Valentino Rossi Batal ke F1

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 05:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 38 2354125 eks-prinsipal-ferrari-ungkap-alasan-valentino-rossi-batal-ke-f1-bfkJaSYEv4.jpg Valentino Rossi batal pindah ke F1 (Foto: MotoGP)

MARANELLO – Wacana kepindahan Valentino Rossi dari MotoGP ke Formula One (F1) sempat mengemuka pada 2006. Hal itu tidak terlepas dari uji coba bersama Scuderia Ferrari di Fiorano pada 2004. Namun, kepindahan itu batal karena keinginan sang pembalap sendiri.

Sampai dengan penghujung musim MotoGP 2004, Valentino Rossi sudah mengumpulkan total empat gelar juara dunia di kelas premier. Keempat gelar juara dunia itu bahkan diraih secara beruntun pada 2001-2004.

Dominasi tersebut sepertinya membuat Valentino Rossi bosan. Ia lantas menjajal mobil F 2002 milik Scuderia Ferrari di Sirkuit Fiorano. Tes tersebut dianggap sebagai pembuka jalan bagi sang pembalap menuju ajang F1.

Baca juga: Valentino Rossi Siap Ambil Alih Tempat Tim Avintia di MotoGP 2022

Valentino Rossi pernah menjajal mobil F1

Prinsipal Tim Scuderia Ferrari kala itu, Luca di Montezemolo, tak menampik adanya keinginan merekrut Valentino Rossi. Sayangnya, sang pembalap enggan pindah ke F1. Gara-garanya, Ferrari berencana menempatkan Rossi ke Tim Sauber terlebih dahulu pada 2006.

“Kami memberikan kesempatan itu untuk memenuhi keinginan sang juara. Saya melihatnya cukup punya potensi tetapi tidak ada konsistensi (dalam setiap putaran),” papar Luca di Montezemolo, dikutip dari Moto Sprint, Senin (1/2/2021).

“Kami sempat berpikir untuk menempatkannya di Sauber selama setahun. Namun, dia cukup pintar. Dia tahu sudah menjadi yang nomor satu di MotoGP dan memilih terus menjadi yang terbaik di sana ketimbang menjadi nomor empat atau lima di F1,” imbuh pria asal Italia itu.

Pilihan Valentino Rossi itu terbukti jitu. Ia masih sanggup meraih tiga gelar juara dunia lagi di kelas MotoGP selepas 2004. Gelar pertama diraih pada 2005. Sedangkan dua gelar juara dunia terakhirnya diraih pada 2008 dan 2009.

Kendati gagal pindah ke F1, Valentino Rossi nyatanya tidak pernah jauh-jauh dari dunia balap jet darat tersebut. Pria kelahiran Tavullia itu pernah kembali ke kokpit mobil bersama Ferrari untuk sekadar menjajal jet darat.

Valentino Rossi naik mobil Lewis Hamilton (Foto: Yamaha MotoGP)

Beberapa tahun kemudian, Valentino Rossi kembali unjuk gigi di dalam kokpit mobil F1. Itu terjadi pada Desember 2019 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol.

Kala itu, Valentino Rossi bertukar tempat dengan Lewis Hamilton. Rossi mengendarai mobil Mercedes milik Hamilton, sementara sang juara dunia F1 naik ke atas jok motor Yamaha YZR M-1 milik Valentino.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini