Ini Alasan Atlet Angkat Besi Rebeka Koha Putuskan Masuk Islam

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Minggu 31 Januari 2021 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 31 43 2353846 ini-alasan-atlet-besi-rebeka-kota-putuskan-masuk-islam-6TskFymveE.JPG Rebeka Koha. (Foto/Instagram Rebeka Koha)

REBEKA KOHA, atlet angkat besi asal Latvia, telah mengumumkan bahwa dia telah masuk Islam. Dia mengungkapkan alasan utamanya menjadi soerang mualaf.

Rebeka mengumumkan dirinya menjadi seorang Muslim pada Juli 2020 silam. Dia mengenal lebih dalam soal Islam setelah berparacan dengan seorang pria yang kini menjadi suaminya.

Baca juga: Pevoli Cantik Sabina Altynbekova: Masjid Selalu Jadi Tempat yang Sangat Indah

“Pertama, karena calon suami saya ketika kami mulai berkencan, saya jadi tahu lebih banyak tentang Islam,” tulisnya dalam sebuah komentar di Instagram.

Foto/Instagram

“Terima kasih kepadanya, saya menemukan begitu banyak hal baik dan ini adalah salah satunya. Saya merasakan kedamaian dan kebahagiaan dalam hal ini. Jadi saya merasa benar untuk melakukannya," tambahnya.

Pada awal Mei 2020 lalu, Koha mengumumkan pertunangannya dengan pelempar cakram Qatar, Moaz Mohamed Ibrahim. Ibrahim yang saat itu berusia dua puluh satu tahun memenangkan medali emas di Kejuaraan Atletik Dunia U20 2016 tetapi belum memenangkan medali di kompetisi internasional senior.

Sementara Koha terakhir kali berkompetisi di Kejuaraan Latvia pada awal Maret 2020 lalu, di mana ia mencetak rekor baru di Latvia dengan raihan 104 kg dan total 227 kg.

Dia telah melakukan cukup kompetisi untuk bisa lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 (yang akan diselenggarakan pada 2021). Dia kini duduk keempat di peringkat W59 dan menyelesaikan semua kompetisi untuk mencapai Olimpiade.

Komite Olimpiade Latvia (LOK) telah menyatakan dukungannya kepadanya. Mereka mengatakan bahwa mereka berharap setelah Rebeka masuk Islam akan berdampak positif pada persiapannya untuk Olimpiade Tokyo.

Foto/Instagram

“LOK menghormati kebebasan memilih siapa pun yang memengaruhi privasi mereka. Hal yang sama berlaku untuk Rebeka Koha,” kata Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Latvia Karl Lejnieks mengutip Weightlifting House

“Kami berharap keputusan ini akan berdampak positif pada jalur olahraganya menuju kompetisi paling penting dalam empat tahun, Olimpiade Tokyo,” tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini