Gara-Gara Valentino Rossi, Davide Brivio Dipinang Suzuki

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 06:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 38 2350753 gara-gara-valentino-rossi-davide-brivio-dipinang-suzuki-4BT8tP8jov.jpg Davide Brivio kini sudah meninggalkan Suzuki Racing (Foto: Suzuki Racing)

MILAN – Hubungan dekat antara Davide Brivio dengan Valentino Rossi coba dimanfaatkan oleh Suzuki. Siapa menyangka, lewat pesan di akun Facebook, Davide Brivio pada akhirnya mendapat pekerjaan di tim tersebut.

Seperti diketahui, Suzuki sempat vakum dari MotoGP pada 2011-2015. Hasrat untuk kembali ke ajang balap motor bergengsi tersebut begitu menggebu pada akhir 2013. Suzuki bahkan mengusung ambisi besar, yakni merekrut Valentino Rossi.

Pemimpin Proyek Suzuki Racing, Shinichi Sahara, lantas mengontak penasihat Valentino Rossi, Davide Brivio, lewat Facebook. Hal itu terungkap dari kesaksian Davide Brivio sendiri belum lama ini kepada laman resmi MotoGP.

Baca juga: Davide Brivio Resmi Tinggalkan Suzuki dan MotoGP

Suzuki sempat meminati jasa Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Saat mendapat pesan itu, Davide Brivio sempat kaget. Sebab, dirinya tidak terlalu sering berselancar di Facebook. Ia memang punya akun tetapi statusnya tidak aktif. Brivio lantas menghubungi Valentino Rossi. Sayangnya, upaya Suzuki menggaet Valentino Rossi gagal total.

“Saya melihat nama Sahara di pesan itu dan dia ingin tahu apa rencana Valentino Rossi ke depan. Dia bilang Suzuki ingin kembali ke MotoGP pada 2014 dan bertanya apakah Valentino Rossi tersedia untuk Suzuki,” papar Davide Brivio, mengutip dari Crash, Selasa (26/1/2021).

“Saya berbincang dengan Valentino, tetapi dia tidak tertarik membalap untuk Suzuki. Dengan sopan, saya membalas Sahara untuk memberi tahu Valentino tidak tertarik. Namun, dia bertanya apakah saya tertarik jika membentuk tim yang bermarkas di Italia. Saya jawab iya dan mulai bekerja pada 1 April 2013,” imbuhnya.

Ternyata, kembalinya Suzuki ke ajang MotoGP tidak semulus yang direncanakan. Mereka tampil dengan fasilitas wildcard pada GP Valencia 2014. Beberapa bulan berselang, tepatnya pada GP Qatar 2015, akhirnya Suzuki kembali ke ajang tersebut.

Gagal merekrut Valentino Rossi tidak membuat Suzuki patah arang. Davide Brivio lantas membujuk Aleix Espargaro dan Maverick Vinales untuk bergabung pada 2015 dan 2016. Keputusan itu terbukti tepat.

Suzuki Ecstar jadi juara dunia

Maverick Vinales menyumbang kemenangan perdana Suzuki sejak GP Prancis 2007 dengan menjuarai seri Inggris 2016. Setelah itu, Suzuki perlahan menunjukkan tajinya. Motor GSX-RR terus dikembangkan dengan baik.

Puncaknya, Suzuki menyabet gelar juara dunia kategori pembalap pada MotoGP 2020 lewat Joan Mir. Mereka juga merengkuh gelar juara dunia kategori tim. Sayangnya, kebersamaan dengan Davide Brivio berakhir karena yang bersangkutan menyeberang ke Formula One (F1) pada awal 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini