Tumbang dari Viktor Axelsen, Jonatan Christie Ngaku Hilang Fokus

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 16 Januari 2021 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 40 2345290 tumbang-dari-viktor-axelsen-jonatan-christie-ngaku-hilang-fokus-rGeCuFu8r9.jpg Jonatan Christie berusaha mengantisipasi bola (Foto: Badminton Photo)

BANGKOK – Pil pahit harus ditelan tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, pada babak Perempatfinal Thailand Open 2021, Jumat 15 Januari malam WIB. Pebulu tangkis berusia 23 tahun itu kecewa karena permainan buruknya berujung kekalahan dari wakil Denmark, Viktor Axelsen.

Sebagaimana diberitakan, Jonatan Christie gagal melangkah ke babak Semifinal Thailand Open 2021. Pemain kelahiran Jakarta itu tumbang dua set langsung 14-21 dan 5-21 dari Viktor Axelsen yang tampil prima.

Pertandingan yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, itu sebetulnya cukup ketat di gim pertama. Jojo –sapaan akrab Jonatan- bahkan sempat unggul 9-7. Namun, setelah itu permainannya menurun. Sebaliknya, lawan mulai mendapat momentum bagus.

Baca juga: Jonatan Christie Disingkirkan Viktor Axelsen pada Perempatfinal Thailand Open 2021

Viktor Axelsen mengembalikan bola (Foto: Badminton Photo)

Selepas pertandingan, Jonatan mengaku kehilangan fokus setelah Viktor Axelsen membalikkan keadaan di gim pertama menjelang interval. Setelah itu, dirinya banyak melakukan kesalahan. Celakanya, pemain berusia 27 tahun tersebut malah semakin percaya diri di gim kedua.

“Saya tidak merasa baik. Saya tidak mampu mengeksekusi rencana. Setelah unggul 9-7, saya tidak tahu apa yang terjadi. Feeling saya hilang. Saya tidak mampu kembali ke rencana awal. Sepertinya, saya kehilangan fokus,” terang Jonatan Christie, mengutip dari laman resmi BWF, Sabtu (16/1/2021).

“Saya sudah mempunyai rencana-rencana ketika memulai pertandingan. Ketika kehilangan keunggulan, saya malah membuat banyak kesalahan. Lalu di gim kedua, Axelsen jauh lebih percaya diri. Ketika dia unggul, saya tidak mampu mengejar,” imbuh pemain klub PB Tangkas itu.

Melihat lawan kesulitan, Viktor Axelsen justru terkejut. Tunggal putra unggulan pertama turnamen itu mengklaim sebetulnya mengharapkan pertandingan yang lebih ketat seperti pertemuan terakhir di Prancis Open 2019.

“Saya mengharapkan pertandingan yang lebih ketat. Terakhir kami bertemu di Prancis Open, itu benar-benar pertandingan yang sulit. Kami berdua sampai kram di akhir laga,” ujar Viktor Axelsen.

Anthony Sinisuka Ginting jadi tumpuan harapan (Foto: Badminton Photo)

Terhentinya Jonatan Christie membuat harapan tunggal putra kini berada di pundak Anthony Sinisuka Ginting. Pemain berusia 24 tahun itu sukses melewati hadangan Rasmus Gemke pada babak perempatfinal dengan tiga set, 21-14, 19-21, dan 21-5.

Pada babak semifinal, Sabtu (16/1/2021) siang WIB, giliran Anthony Sinisuka Ginting akan menghadapi Viktor Axelsen. Pemain kelahiran Cimahi itu unggul pada rekor pertemuan, yakni empat kali menang dari enam perjumpaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini