Pulih dari Cedera, Dorna Yakin Marc Marquez Tetap Agresif

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 19 Desember 2020 20:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 19 38 2330766 pulih-dari-cedera-dorna-yakin-marc-marquez-tetap-agresif-zhVlAJjMnY.jpg Marc Marquez masih absen hingga beberapa waktu ke depan (Foto: MotoGP)

MADRID – Kembalinya Marc Marquez ke lintasan balap MotoGP memang belum dapat diketahui. CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, berharap The Baby Alien bisa kembali dengan kondisi terbaik. Sebab, dengan begitu, sang pembalap bisa langsung menantang para pesaingnya untuk gelar juara dunia.

Seperti diketahui, Marc Marquez mengalami cedera patah tulang humerus di lengan kanannya pada MotoGP Spanyol 2020, 19 Juli silam. Operasi pertama yang dilakukan pada 21 Juli 2020 berlangsung sukses. Ia pun sempat comeback ke lintasan untuk mengikuti GP Andalusia 2020.

Sayangnya, lengan Marc Marquez belum sepenuhnya pulih. Ia mundur dari balapan itu dan kembali menjalani operasi pada awal Agustus 2020 karena ada pelat titanium yang patah. Akibatnya, ia absen hingga seri terakhir di GP Portugal pada 22 November lalu.

Baca juga: Dorna Suntik Rp112 Miliar untuk Tim Satelit di MotoGP

Marc Marquez terus memulihkan diri

Sama seperti dua tindakan sebelumnya, operasi ketiga ini juga berjalan sukses. Namun, operasi ketiga itu mengungkap sebuah fakta yang tidak disangka-sangka. Ternyata, patahan pelat di tangannya menyebabkan infeksi sehingga harus mendapatkan perawatan antibiotik tambahan.

Beruntung, perawatan antibiotik tambahan itu bisa dilakukan rawat jalan, alias tidak perlu menginap berlama-lama di rumah sakit. Harapan agar Marc Marquez pulih dalam waktu dekat pun muncul. Carmelo Ezpeleta sendiri mengaku tidak khawatir dengan kapan kembalinya sang juara dunia MotoGP 2019 ke lintasan.

“Saya berdoa agar Marc dapat segera naik motor. Saya benar-benar yakin dia akan pulih dalam waktu dekat. Saya sama sekali tidak khawatir kapan dia akan kembali membalap. Saya yakin betul, ketika sudah dalam keadaan yang baik, dia akan membalap,” tutur Carmelo Ezpeleta, dikutip dari MotoSprint, Sabtu (19/12/2020).

Lebih lanjut, pria asal Spanyol itu yakin betul, ketika Marc Marquez kembali, pendekatannya terhadap balapan tidak akan berubah. Cedera tidak akan menghalani pembalap berusia 27 tahun tersebut untuk langsung bertarung meraih kemenangan.

“Saya tidak yakin dia akan mengubah pendekatan. Ketika dia naik motor lagi, dia akan melakukan segalanya untuk menang dan lawan akan harus menghadapinya lagi,” tutup Carmelo Ezpeleta.

Hasil rontgen tangan Marc Marquez

Menurut Ahli Trauma dan Direktur Medis Klinik IQtra Medicina Avanzada, Dokter Angel Villamor, kesembuhan Marc Marquez sepenuhnya tergantung pada pertumbuhan kalus di area patahan. Sebab, kalus dapat berfungsi menyatukan kedua tulang yang patah.

Sekadar informasi, kalus lunak terbentuk dari sel osteoblas. Sel tersebut kemudian membentuk tulang yang berlubang-lubang pada kolagen sehingga terbentuk belat alami yang menghubungkan ujung-ujung kedua tulang yang patah. Maka, pembentukan kalus itu sangat krusial bagi Marc Marquez.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini