Petronas Tak Tutup Kemungkinan Gabung dengan Suzuki di MotoGP

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 38 2321126 petronas-tak-tutup-kemungkinan-gabung-dengan-suzuki-di-motogp-xl9d4z32YH.jpg Tim Petronas Yamaha SRT (Foto: Yamaha Racing)

SEPANG – Petronas telah menjalin kerja sama untuk menjadi tim satelit Yamaha sejak 2019. Akan tetapi, kerja sama tersebut akan berakhir pada pengujung 2021. Saat ini, belum ada pembicaraan mengenai pembaruan kerja sama di antara mereka.

Kondisi ini pada akhirnya menimbulkan spekulasi bahwa Petronas bisa saja bergabung dengan Suzuki di masa depan. Sebab, Suzuki belum memiliki tim satelit. Ditambah lagi, saat ini Suzuki juga sedang menanjak setelah pembalapnya, Joan Mir, menjadi juara dunia MotoGP 2020.

Menanggapi situasi ini, Manajer Tim Petronas Yamaha SRT, Wilco Zeelenberg, menjelaskan bahwa akan sulit melihat Petronas menjalin kerja sama dengan pabrikan lain. Pasalnya, selama dua musim bekerja sama dengan Yamaha, Petronas mampu meraih hasil yang bagus.

Baca juga: Marc Marquez Akui Tak Suka Bersaing Lawan Adik Kandungnya

Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli

Di Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 misalnya, dua pembalap Petronas, yaitu Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo, masing-masing berhasil meraih tiga kemenangan. Selain itu, Morbidelli juga tampil sebagai runner-up kejuaraan.

Maka dari itu, menurut Zeelenberg, Yamaha dan Petronas akan melanjutkan kerja sama mereka. Meskipun, Zeelenberg tidak memungkiri bahwa peluang untuk bergabung dengan pabrikan lain tetap masih terbuka. Karena, tidak ada yang bisa menebak masa depan.

“Kami telah memenangkan enam balapan MotoGP tahun ini dan saya tidak berpikir kami akan segera bersekutu dengan pabrikan lain,” jelas Zeelenberg, seperti dilansir dari Speedweek, Kamis (3/12/2020).

“Tapi ini MotoGP dan kami harus realistis jika ada alternatif. Jika ada, kami sebagai tim satelit pasti harus menyelidikinya. Anda harus tahu apa yang terjadi di paddock. Tapi kami belum bisa membuat keputusan ini,” sambungnya.

Tidak hanya kerja sama dengan Yamaha yang akan berkahir pada 2021, namun juga keikutsertaan Petronas di ajang MotoGP. Namun, Zeelenerg optimis bahwa di Kejuaraan Dunia MotoGP 2022, Petronas masih akan tampil.

Fabio Quartararo

Petronas pasalnya berniat memperpanjang kerja sama mereka dengan Dorna Sports selaku promotor MotoGP, hingga 2026. Menurut Zeelenberg, kesepakatan akan terwujud karena perkembangannya bagus sejauh ini.

“Saya 99 persen yakin (akan tampil di MotoGP 2022). Petronas ingin terus maju dan menandatangani kontrak baru berdurasi lima tahun dengan Dorna hingga akhir 2026. Hasilnya bagus,” beber Zeelenberg.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini