Sejak Awal Petronas Yamaha Memang Sudah Siap Kehilangan Quartararo

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 11:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 38 2320800 sejak-awal-petronas-yamaha-memang-sudah-siap-kehilangan-quartararo-1pFTyTZqNM.jpg Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo (Foto: MotoGP)

SEPANG – Pada musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2021, Fabio Quartararo akan tampil membela tim pabrikan Yamaha. Diakui oleh Manajer Tim Petronas Yamaha SRT, Wilco Zeelenberg, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa saat pihak pabrikan meminta Quartararo.

Petronas sejatinya menjalin kerja sama untuk menjadi tim satelit Yamaha mulai musim 2019. Sejak awal, Petronas Yamaha SRT memang dibentuk untuk mengembangkan potensi para pembalap muda.

Maka dari itu, mereka memilih Quartararo dan Franco Morbidelli sebagai pembalap mereka. Kedua pembalap tersebut memang sengaja dipersiapkan untuk bisa membela tim pabrikan di kemudian hari.

Baca juga: Valentino Rossi Tak Gentar Hadapi Para Pembalap Muda di MotoGP 2021

Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli

Kejutan pun muncul karena di musim perdananya, Quartararo langsung tampil gemilang bersama Petronas Yamaha SRT. Ia berhasil naik podium sebanyak tujuh kali, menjadi Rookie of The Year MotoGP 2019, dan menyabet titel pembalap satelit terbaik di musim tersebut.

Maka dari itu, pihak pabrikan Yamaha pun langsung menyodorkan kontrak pada Januari 2020 untuk merekrut Quartararo. Petronas Yamaha SRT sendiri sebenarnya memiliki niatan untuk menahan Quartararo lebih lama, namun mereka sadar akan sulit untuk melakukannya.

Pada akhirnya, Petronas Yamaha SRT hanya bisa pasrah ketika Quartararo diminta oleh tim pabrikan. Zeelenberg sendiri sebenarnya sama sekali tak terkejut dengan ketertarikan tim pabrikan tersebut, karena Quartararo memang punya potensi besar.

“Itu adalah kombinasi dari banyak hal. Pada 2019 kami memberi tahu pembalap kami bahwa tujuan kami adalah mencapai semaksimal mungkin sebagai tim satelit sehingga kedua pilot dapat dipindahkan ke tim pabrikan,” jelas Zeelenberg, dilasnir dari Speedweek, Kamis (3/12/2020).

“Sudah jelas sejak awal bahwa kami akan kehilangan Fabio karena dia melakukan pekerjaan yang sangat baik tahun lalu. Dia ingin sekali tinggal bersama kami, tetapi akan ada perbedaan finansial yang terlalu besar untuknya. Yamaha menginginkan Fabio dan kami tidak ingin bertengkar,” sambung Zeelenberg.

Fabio Quartararo

Meski kehilangan Quartararo, namun Petronas Yamaha SRT tentunya tak perlu bersedih. Karena mereka mendapatkan Valentino Rossi sebagai pengganti. Kehadiran Rossi tentunya akan meningkatkan citra tim.

Selain itu, Morbidelli juga kini menjadi pembalap yang jauh lebih siap. Dalam gelaran MotoGP 2020, Morbidelli tampil sebagai runner-up kejuaraan. Morbidelli bahkan meraih hasil terbaik ketimbang pembalap Yamaha lainnya, termasuk Quartararo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini