Pemerintah Belum Beri Izin Para Peserta Australia Open 2021 Berlatih

Antara, Jurnalis · Minggu 29 November 2020 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 29 40 2318409 pemerintah-belum-beri-izin-para-peserta-australia-open-2021-berlatih-OCqL3ECzoH.jpg Rafael Nadal (Foto: Twitter/@AustraliaOpen)

MELBOURNE Australia Open 2021 akan berlangsung pada 18-31 Januari mendatang. Akan tetapi, hingga sekarang, panitia pelaksana (panpel) Australian Open masih menunggu izin dari pemerintah setempat agar para peserta bisa berlatih sebelum turnamen dimulai.

Meski ada kabar dari media lokal bahwa peserta bisa berlatih dalam kondisi isolasi mandiri pasca kedatangan, tetapi pemerintah maupun otoritas terkait belum memberikan keputusan resmi. Dalam laporan Reuters, ATP telah memberi tahu peserta bahwa mereka akan diizinkan berlatih selama 14 hari masa karantina menjelang Australian Open.

Australia Open 2020 (Foto: Twitter Australia Open)

Seorang juru bicara Tennis Australia (TA) mengatakan kepada Reuters, penyelenggara masih menunggu persetujuan dari pemerintah negara bagian Victoria tentang semua detail Grand Slam pertama tahun depan termasuk yang berkaitan dengan latihan selama karantina.

Penyelenggara telah berdiskusi panjang dengan pihak berwenang mengenai protokol Covid-19 bagi mereka yang tiba di Australia menjelang turnamen di Melbourne Park. Salah seorang pejabat negara pada Rabu mengonfirmasi turnamen tetap dilanjutkan meski kemungkinan akan mundur satu atau dua pekan dari jadwal seharusnya.

Petenis putra nomor satu versi ATP, Novak Djokovic, baru-baru ini meminta pihak berwenang untuk memastikan pemain diizinkan berlatih selama karantina. Sementara itu, petenis Rusia, Daniil Medvedev, menilai akan merugikan jika menjalani isolasi di kamar hotel selama dua minggu dan kemudian langsung mengikuti Grand Slam.

Pada Jumat, Melbourne memasuki hari ke-28 tanpa adanya laporan kasus infeksi baru. Karena pembatasan perbatasan antar negara bagian dan beragam persyaratan karantina oleh pemerintah daerah di seluruh negeri, TA berencana untuk mengalihkan semua turnamen persiapan Grand Slam ke negara bagian Victoria.

BACA JUGA: Terkendala Izin, Australia Open 2021 Bisa Diundur dari Jadwal

Laporan itu mengatakan ATP Cup 2021, turnamen pemanasan khusus tim putra beranggotakan 24 negara, akan dibatalkan meskipun acara pendahulu ATP dan WTA lainnya akan tetap berjalan. ATP tidak mengomentari laporan tersebut, tetapi badan pengatur diharapkan bisa merilis kalender 2021 pada awal Desember. TA mengatakan keputusan tentang ATP Cup belum diambil dan penyelenggara hanya akan dapat menyelesaikan rincian turnamen jelang Australian Open setelah tanggal dan rincian karantina diselesaikan.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini