Gagal Jadi Runner-up MotoGP 2020, Alex Rins Enggan Mendendam

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 01:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 38 2316237 gagal-jadi-runner-up-motogp-2020-alex-rins-enggan-mendendam-Y5fmCDgYqS.jpg Pembalap Suzuki, Alex Rins (Foto: MotoGP)

BARCELONA – Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, gagal menjadi runner-up Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Meski demikian, hal itu tak lantas membuat Rins merasa kecewa apalagi sampai memiliki dendam.

Rins sejatinya tidak memulai musim balap MotoGP 2020 dengan baik. Dalam empat seri pertama, pembalap berpaspor Spanyol itu sebanyak dua kali gagal meraih poin. Itulah mengapa ia kesulitan untuk bisa bersaing di papan atas.

Rins baru menampilkan performa yang ciamik saat melakoni seri kedelapan, yaitu MotoGP Catalunya. Dalam balapan tersebut, Rins mampu finis di posisi ketiga, sekaligus podium pertamanya di musim balap 2020.

Baca juga: Stoner Ragu Joan Mir Bakal Samai Level Marc Marquez di MotoGP

Alex Rins

Meski pada saat balapan di Prancis Rins gagal finis, namun pada tiga seri berikutnya ia selalu naik podium, termasuk saat menjadi pemenang di MotoGP Aragon. Karena hal tersebut, Rins pun menyodok ke papan atas, bahkan sempat memiliki peluang juga untuk menyabet gelar juara.

Kendati demikian, perolehan poin Rins dengan rekan setimnya, Joan Mir, sangat jauh. Itulah mengapa ia tak bisa mengudeta Mir yang ada di puncak. Meski begitu, pada seri terakhir Rins berkesempatan untuk mengamankan posisi runner-up.

Sayangnya, Rins justru salah memilih ban di seri terakhir. Maka dari itu ia kesulitan untuk bisa bersaing di posisi depan. Pada akhirnya, Rins hanya bisa finis ke-15 di seri pamungkas dan peluangnya untuk menempati posisi runner-up pun lenyap.

“Balapan itu agak sulit dan saya merasa seperti saya membuat pilihan ban yang salah. Saya kesulitan dengan ban belakang yang keras sejak awal,” aku Rins, seperti dilansir dari Speedweek, Kamis (26/11/2020).

“Segera setelah start saya bisa lebih dekat dengan pembalap di depan saya, tapi kemudian saya kehilangan cengkeraman dari putaran demi putaran dan terjatuh ke belakang," lanjut pembalap 24 tahun tersebut.

Alex Rins

Meski begitu, Rins sudah cukup puas dengan apa yang diraihnya musim ini. Mengingat pada awal musim ia mengalami banyak kesulitan, maka bisa menyelesaikan kejuaraan di posisi ketiga sudah menjadi hal yang luar biasa bagi Rins.

“Kesimpulan dari musim 2020 adalah sebagai berikut: Pada akhirnya, saya puas dengan pekerjaan saya tahun ini. Meski cedera dan sedikit terjatuh, saya berhasil finis ketiga di kejuaraan. Saya benar-benar termotivasi untuk menyerang lagi pada 2021," ujar Rins.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini