Covid-19 Tak Halangi Ambisi PB FORKI Raih Prestasi Maksimal pada 2021

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 43 2311810 covid-19-tak-halangi-ambisi-pb-forki-raih-prestasi-maksimal-pada-2021-eOAYvNzlT1.jpg Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto resmi dikukuhkan sebagai ketum PB FORKI. (Foto: Hendry Kurniawan/Okezone)

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal, Hadi Tjahjanto, baru saja dilantik menjadi Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) masa bakti 2019-2023. Upacara pelantikan ini dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, pada Rabu (18/11/2020) siang WIB.

Ketua Umum (Ketum) KONI Pusat, Marciano Norman, memimpin langsung jalannya upacara pelantikan ini. Ia pun mensyukuri karena di tengah pandemi Corona (Covid-19) yang tengah berkecamuk, proses pelantikan bisa berjalan lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

PB FORKI

Kini, Hadi Tjahjanto beserta para anggota PB FORKI yang baru langsung dihadapkan dengan tantangan nyata. Karena di 2021 banyak event berskala nasional dan internasional yang bakal dihelat seperti Pekan Olahraga Nasional (PON), Kualifikasi di pra olimpiade di Paris, SEA Games Vietnam, serta persiapan menghadapi Asian Games 2022 di RRT.

Meski begitu, Hadi Tjahjanto enggan panik. Sebab ia sudah memiliki rencana yang matang untuk dapat meningkatkan prestasi para atlet, utamanya guna mencapai target yang telah ditetapkan.

Hadi Tjahjanto justru menilai ditundanya sejumlah event olahraga internasional di 2020 akibat pandemi Covid-19 membuat Indonesia memiliki kesempatan untuk meningkatkan kualitas. Maka dari itu, dalam waktu dekat ia akan mengadakan Pelatnas Karate di Bali guna menggembleng para atlet supaya siap berlaga di event-event mendatang.

BACA JUGA: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Resmi Dilantik Jadi Ketum PB FORKI

"Walaupun tantangan sedemikian kompleks, saya yakin pengurus FORKI yang baru akan melaksanakan tugas dengan semangat yang tinggi. Situasi pandemi Covid-19 menjadi momentum bagi kita semua untuk melakukan refleksi dan evaluasi dalam pembinaan olahraga karakter Indonesia," ujar Hadi Tjahjanto setelah dilantik sebagai Ketum PB FORKI periode 2019-2023.

"Dengan ditundanya berbagai event pertandingan di tingkat nasional maupun internasional, memberikan kita waktu untuk bekerja lebih keras untuk meningkatkan kualitas pembinaan serta memformulasikan pembinaan atlet di masa pandemi," sambungnya.

PB FORKI

"Dalam waktu dekat, kita akan melaksanakan Pelatnas karate di Bali untuk mengembalikan performa para atlet. Program pelatihan yang akan dilaksanakan tentu harus disesuaikan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, untuk mencegah para atlet dari terpapar COVID-19," jelasnya.

"Dinamika ini menuntut PB Forki untuk mengoptimalkan berbagi metode pembinaan olahraga modern secara lebih cermat, tidak hanya sport science dan sport management, agar tujuan dari Pelatnas ini dapat mencapai target yang diharapkan. Oleh karena itu diperlukan pemahaman terhadap fisik pelatnas hari ini, yang secara teknis lebih menantang karena ada pandemi COVID-19," tandas pria kelahiran 8 November 1963 tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini