Joan Mir Juara MotoGP 2020, tapi Pembalap Terkuat Tetap Marc Marquez

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 38 2311311 joan-mir-juara-motogp-2020-tapi-pembalap-terkuat-tetap-marc-marquez-7JgzzqQycj.jpg Marc Marquez (Foto: Laman resmi MotoGP)

VALENCIA – Gelar juara MotoGP 2020 telah menjadi milik Joan Mir (Suzuki Ecstar), tetapi itu tidak menandakan dirinya sebagai pembalap terkuat di lintasan. Menurut Cal Crutchlow (LCR Honda), pembalap terkuat di lintasan adalah Marc Marquez (Repsol Honda).

Marquez memulai perjalanannya di MotoGP pada musim 2013. The Baby Alien –julukan Marquez– langsung membuat sensasi dengan menjuarai MotoGP pada musim debutnya.

Marc Marquez (Foto: Twitter/@MarcMarquez93)

Marquez pun mencetak sejarah karena menjadi satu-satunya debutan yang langsung meraih gelar juara. Marquez melanjutkan kegemilangannya pada musim 2014 dengan kembali meraih gelar juara.

Namun, The Baby Alien gagal mempertahankan gelar juara pada musim berikutnya. Marquez kalah saing dari Jorge Lorenzo. Setelah kegagalan itu, laju Marquez tidak terbendung oleh pembalap mana pun.

BACA JUGA: Marquez Ungkap Momen Terbaik di MotoGP, Termasuk Podium Bareng Rossi-Lorenzo

Selama empat musim beruntun dari 2016-2019, Marquez mendominasi MotoGP. Secara keseluruhan, Marquez meraih enam gelar juara dari tujuh yang mungkin didapat.

Marquez sayagnya tidak dapat melanjutkan kegemilangannya pada musim ini. Pembalap asal Spanyol itu mengalami kecelakaan parah pada balapan perdana, MotoGP Spanyol 2020, sehingga lengan kanannya patah. Cedera itu membuat Marquez harus absen hingga akhir musim ini.

Kegagalan Marquez musim ini tidak mengurangi nilainya di mata Crutchlow. Pria asal Inggris itu menyatakan Marquez adalah pembalap terhebat di lintasaan meski tidak semua orang mau mengakuinya.

BACA JUGA: Tak Dapat Gelar Juara MotoGP 2020, Marc Marquez Kenang Titel Pertamanya

“Ini sederhana, (Marquez) lebih baik dari orang lain. Masalahnya adalah di MotoGP dan kejuaraan dunia lainnya, orang tidak menerima bahwa ini adalah kebenaran,” kata Crutchlow, menyadur dari Tutto Motori Web, Rabu (18/11/2020).

“Jelas Anda pergi ke perlombaan dan berpikir Anda bisa mengalahkannya. Anda tahu dia tidak terkalahkan, dia belum memenangkan semua perlombaan yang diikuti. Akan tetapi, di atas motor, tidak ada orang di grid yang lebih baik darinya,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini