Joan Mir Jadi Juara MotoGP pada Musim yang Sulit

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 17 November 2020 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 38 2310674 joan-mir-jadi-juara-motogp-pada-musim-yang-sulit-e6jztz6OMD.jpg Joan Mir (Foto: Reuters/Albert Gea)

VALENCIA – Manajer Teknis Suzuki Ecstar, Ken Kawauchi, memberikan selamat kepada Joan Mir atas keberhasilannya menjadi juara MotoGP 2020. Menurut Kawauchi, gelar juara itu tidak mudah diraih Mir karena musim ini keadaannya berbeda akibat pandemi Covid-19.

MotoGP 2020 memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dorna Sports yang menyelenggarakan MotoGP, harus berpikir keras agar kejuaraan tetap bisa berjalan di tengah pandemi.

Infografis Joan Mir (Foto: Okezone)

Keputusan berat pun diambil, yakni balapan diselenggarakan tanpa penonton. Selain itu, jumlah balapan pun dipangkas jadi 14. Balapan pada musim ini hanya diselenggarakan di Eropa.

Keadaan itu memberi tekanan tersendiri bagi setiap pembalap. Akan tetapi, Mir mampu mengatasi itu dengan sangat baik. Pembalap asal Spanyol itu tampil sangat konsisten sepanjang kejuaraan.

BACA JUGA: Joan Mir, Juara MotoGP 2020 yang Terinsipirasi dari Lorenzo dan Idolai Rossi

Mir total mengoleksi tujuh podium pada musim ini yang satu di antaranya berbuah kemenangan. Posisi pertama diraih Rins saat mentas di MotoGP Eropa 2020 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu 8 November 2020, malam WIB.

Tambahan 25 poin dari MotoGP Eropa 2020 mempermudah Langkah Mir untuk menjadi juara. Sebab, Mir telah unggul 37 poin dari dua rivalnya, yaitu Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT).

Mir akan menjadi juara jika minimal tetap unggul 26 poin dari kedua rivalnya pada akhir balapan MotoGP Valencia 2020, yang juga berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, pada Minggu 15 November 2020, malam WIB. Baik Rins maupun Quartararo, tidak akan mampu mengejar koleksi poin Mir karena hanya tersisa satu balapan lagi sebelum musim ini berakhir.

Mir mengakhiri MotoGP Valencia 2020 di posisi ketujuh, tetapi itu sudah cukup baginya untuk menyegel gelar juara. Mir pun resmi menjadi juara MotoGP 2020 untuk pertama kalinya pada dua hari lalu.

BACA JUGA: Valentino Rossi Sebut Pencapaian Joan Mir di MotoGP 2020 Jarang Terjadi

Keberhasilan Mir mengakhiri dahaga Suzuki yang terakhir kali pembalapnya menjadi juara pada 20 tahun silam. Gelar juara Mir semakin istimewa karena terjadi saat peringatan 100 tahun berdirinya Suzuki.

“Pertama-tama, saya harus mengucapkan selamat kepada Joan! Musim ini sangat sulit, bukan hanya karena kekuatan semua pesaing tetapi juga karena situasi global dengan Covid-19,” kata Kawauchi, menyadur dari laman resmi Suzuki, Selasa (17/11/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini