Tak Ada Pengganti Valentino Rossi di MotoGP Teruel, Lorenzo Kembali Gigit Jari

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 01:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 18 38 2295666 tak-ada-pengganti-valentino-rossi-di-motogp-teruel-lorenzo-kembali-gigit-jari-W4Rx7Q7Tc3.jpg Jorge Lorenzo (Foto: Laman resmi MotoGP)

ARAGON – Pembalap asal Spanyol, Jorge Lorenzo, harus kembali mengubur asanya untuk tampil di MotoGP 2020. Hal itu dipastikan setelah Yamaha memutuskan tidak menyediakan pembalap pengganti untuk menggantikan Valentino Rossi di MotoGP Teruel 2020.

Sebagai test rider Yamaha, Lorenzo sejatinya sempat dijanjikan untuk tampil di kelas MotGP dengan satu jatah tiket wildcard. Akan tetapi, harapannya menjadi pupus setelah adanya virus Corona yang membuat kompetisi MotoGP dipersingkat.

Jorge Lorenzo

Namun, harapan kembai muncul ketika Valentino Rossi dinyatakan positif virus Corona pada pertengahan pekan ini. Situasi tersebut membuat Yamaha berada dalam kondisi terhimpit karena mereka membutuhkan pembalap pengganti, terutama di MotoGP Teruel 2020 pada akhir pekan depan.

Nama Lorenzo pun disebut menjadi salah satu calon terkuat untuk menggantikan Valentino Rossi. Akan tetapi, asanya untuk kembali mentas di lintasan MotoGP menjadi pupus karena Yamaha memutuskan tidak akan menggantikan Valentino Rossi.

Baca juga Morbidelli Justru Senang Lorenzo Kurang Berkontribusi di Yamaha

“Tim Monster Energy Yamaha telah memutuskan tidak memasukkan pembalap pengganti untuk menggantikan Valentino Rossi di MotoGP Teruel pada akhir pekan depan,” tulis pernyataan resmi dari Yamaha, yang dilansir pada Senin (19/10/2020).

Keputusan ini pun sudah sesuai dengan pertaruran MotoGP bahwa setiap tim harus mencari pembalap pengganti setelah rider utama menarik diri dalam waktu 10 hari. Pasalnya, Yamaha baru melaporkan pengunduran diri Valentino Rossi pada 16 Oktober, yang mana batas waktu 10 hari akan tercapai pada Senin 26 Oktober, atau satu hari setelah balapan MotoGP Teruel 2020.

Hal ini memastikan bahwa pintu Lorenzo kembali tertutup untuk mengendarai YZR-M1. Padahal sebagai test rider, kinerja Yamaha belumlah optimal karena, pembalap berpaspor Spanyol itu tercatat baru dua kali menguji YZR-M1 (tes pramusim Sepang dan tes Portimao).

Selain itu, Yamaha juga menolak beradaptasi dengan pembalap baru dan memilih fokus untuk menangani Maverick Vinales di MotoGP Teruel. Karena itu, Lorenzo harus kembali gigit jari untuk mentas di lintasan MotoGP.

“Tim Monster Energy Yamaha MotoGP memilih untuk tidak memaksakan tekanan tambahan karena harus beradaptasi dengan pembalap baru, yang hanya akan menjalani satu balapan akhir pekan,” tutup pernyataan Yamaha,” lanjut pernyataan Yamaha.

“Selama MotoGP Teruel pekan depan, Tim Monster Energy Yamaha akan sepenuhnya memfokuskan upayanya untuk mendukung Maverick Vinales,” pungkas pernyataan Yamaha.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini