Valentino Rossi Positif Covid-19, Siapa Pembalap Penggantinya?

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 08:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 38 2294462 valentino-rossi-positif-covid-19-siapa-pembalap-penggantinya-tcpixOd43x.jpg Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

TAVULLIA – Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, memberikan kabar buruk untuk para penggemarnya melalui media sosial pada Kamis 15 Oktober 2020, malam WIB. Ia menyatakan dirinya terjangkit Covid-19 dengan beberapa gejala, seperti demam.

Pembalap asal Italia itu pun tidak akan bisa tampil di MotoGP Aragon 2020. Balapan seri ke-10 musim 2020 itu akan berlangsung di Sirkuit Aragon, Minggu 18 Oktober 2020, malam WIB. Selain balapan akhir pekan ini, Rossi juga berpeluang absen di MotoGP Teruel 2020 yang juga akan berlangsung di Sirkuit Aragon, Minggu 25 Oktober 2020, malam WIB.

Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

Menurut aturan MotoGP, pembalap yang dianggap tidak fit wajib digantikan setelah 10 hari. Alhasil, Yamaha tidak perlu menggantikan Rossi pada balapan akhir pekan ini.

Namun, tim pabrikan asal Iwata harus berpikir pengganti Rossi untuk balapan selanjutnya karena Rossi kurang lebih akan absen selama 14 hari. Yamaha memiliki pembalap penguji, Jorge Lorenzo, yang mungkin menggantikan Rossi. Selain Lorenzo, Yamaha juga bisa menarik para pembalapnya yang berlaga di World Superbike (WSBK), untuk menggatikan Rossi.

BACA JUGA: Warganet Doakan Valentino Rossi Segera Pulih dari Covid-19

Yamaha memiliki tiga tim di WSBK, yakni Peta Yamaha, Ten Kate Racing Yamaha, dan GRT Yamaha. Pembalap di Peta Yamaha, adalah Toprak Razgatlioglu dan Michael van der Mark. Sementara itu, Loriz Baz membela Tne Kate Racing Yamaha, sedangkan Garett Gerloff dan Federico Caricasulo mewakili GRT Yamaha.

Yamaha memiliki kurang lebih enam pembalap alternatif sebagai pengganti Rossi. Berdasarkan pengalaman keenam pembalap itu di MotoGP, pilihan Yamaha seharusnya jatuh kepada salah satu di antara Lorenzo dan Baz.

Van der Mark sejatinya juga pernah tampil di MotoGP pada musim 2017. Pria berdarah Indonesia itu menggantikan pembalap Yamaha Tech3, Jonas Folger, yang absen karena cedera dalam dua balapan terakhir musim 2017.

Namun, kontrak Van der Mark dengan Yamaha akan habis pada akhir pekan ini sehingga tidak mungkin dipilih untuk menggantikan Rossi. Oleh sebab itu, pilihan Yamaha cuma tersisa dua, yaitu Lorenzo dan Baz.

BACA JUGA: Dikenal Sangat Teliti, Valentino Rossi Malah Positif Covid-19

Bagaimanapun juga, masih ada waktu bagi Yamaha untuk memikirkan siapa pengganti Rossi. Yamaha lebih baik mengalihkan fokusnya untuk membantu rekan setim Rossi, Maverick Vinales, untuk berjaya pada akhir pekan ini.

Peluang Vinales untuk menjuarai MotoGP 2020 akan membesar jika meraih hasil apik di MotoGP Aragon 2020. Vinales kini menempati posisi keempat dengan koleksi 96 poin. Top Gun –julukan Vinales– tertinggal 19 angka dari pemuncak klasemen sementara, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini