Rossi Akui Pembalap Generasi Baru Punya Potensi Luar Biasa

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 02:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 38 2290700 rossi-akui-pembalap-generasi-baru-punya-potensi-luar-biasa-ldPqDyb1C1.jpg Valentino Rossi dan Fabio Quartararo (Foto: MotoGP)

PORTIMAO – Absennya Marc Marquez dalam gelaran MotoGP 2020 tak bisa dimungkiri membuat kejuaraan menjadi lebih menarik. Sebab, kini para pembalap memiliki peluang yang sama untuk bisa meraih kemenangan.

Lebih dari itu, MotoGP 2020 bisa dibilang merupakan ajang bagi pembalap-pembalap muda untuk saling unjuk gigi. Tercatat, terdapat empat pemenang baru di kelas premier dari total delapan seri balapan yang telah dilangsungkan.

Nama-nama seperti Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, Brad Binder, Miguel Oliveira, Joan Mir, hingga Francesco Bagnaia kini menjadi pembalap yang diperhitungkan. Apalagi, Quartararo kini memimpin klasemen Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 saat ini dengan perolehan 108 poin.

Baca juga: Valentino Rossi Dinilai Gagal Manfaatkan Momentum saat Marquez Absen Panjang

Fabio Quartararo

Menanggapi fenoneman ini, pembalap kawakan MotoGP, Valentino Rossi, mengaku tak bisa memberikan penjelasan pasti. Ia hanya dapat menduga bahwa para pembalap tersebut telah digembleng di ajang Moto2, sehingga ketika terjun ke MotoGP sudah siap untuk bersaing.

Menurut Rossi, para pembalap muda itu akan menjadi aset masa depan bagi MotoGP. Karena, kini MotoGP tidak perlu khawatir bakal kehilangan sosok pembalap hebat di masa mendatang dengan adanya nama-nama tersebut.

“Saya kira tidak ada penjelasan yang jelas untuk ini. Generasi baru pebalap muda siap untuk menjadi yang teratas. Mereka telah belajar banyak di Moto2. Selama bertahun-tahun kami telah menemukan bahwa itu adalah kelas yang bagus untuk memahami MotoGP," jelas Rossi, mengutip dari Motorsport Total, Jumat (9/10/2020).

"Pembalap seperti Binder sangat cepat sebagai seorang rookie. Bagnaia dan Oliveira sudah memiliki pengalaman setahun (di kelas premier). Pembalap generasi baru ini sangat kompetitif. Quartararo juga sangat kuat di tahun pertamanya," sambung The Doctor.

“Di satu sisi, mereka belajar banyak di Moto2. Di sisi lain, kami harus berbicara tentang nama dan bukan tentang alasan spesifik. Kami memiliki tiga atau empat pebalap muda yang bisa menjadi masa depan MotoGP," tandas Rossi.

Franco Morbidelli dan Valentino Rossi

Rossi sebenarnya memiliki seorang adik yang saat ini mentas di kelas Moto2. Ia adalah Luca Marini yang membela Sky Racing VR46. Saat ini Marini memuncaki klasemen sementara Moto2 dan menarik minat Ducati untuk merekrutnya ke ajang MotoGP.

Kendati demikian, Rossi ingin agar adik tirinya tersebut tetap bertahan di Moto2 musim depan. Sebab, menurutnya itu akan membuat Marini semakin matang. Sehingga ketika nanti tiba di kelas MotoGP Marini sudah benar-benar siap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini