Ezpeleta: Bukan Marquez Namanya jika Tak Nekat Ambil Risiko

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 38 2286112 ezpeleta-bukan-marquez-namanya-jika-tak-nekat-ambil-risiko-jy1g8KTFAP.jpg Marc Marquez. (Foto: Media Honda)

CATALUNYA – CEO Dorna Sports (Promotor MotoGP) Carmelo Ezpeleta, mengomentari keputusan Marc Marquez yang sempat nekat menjalani balapan d MotoGP Andalusia 2020. Padahal, kondisinya kala itu diketahui belum prima karena baru saja menjalani operasi.

Menurut Ezpeleta, kondisi seperti ini bukan sesuatu yang mengagetkan untuk dilakukan Marquez. Sebab, pembalap asal Spanyol itu dinilai selalu mengambil risiko besar dalam penampilannya di pentas MotoGP.

Marc Marquez

Keputusan yang diambil Marquez sendiri diketahui telah berdasarkan persetujuan dari pihak medis. Karena itu, The Baby Alien –julukan Marquez– kian mantap untuk tetap menjalani balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol, meski digelar hanya berselang tiga hari dari operasi lengan kanannya.

BACA JUGA: Nekat Balapan Usai Operasi, Biaggi: Marquez Coba Lakukan Comeback Legendaris

Meski begitu, Marquez diketahui akhirnya batal tampil di MotoGP Andalusia 2020. Ia memutuskan untuk mundur setelah tampil di sesi kualifikasi. Keputusan ini diambil karena pihak Honda enggan menghadapi risiko besar yang mungkin saja terjadi kepada Marquez.

“Jika dia tidak mengambil risiko yang diambil dalam balapan, di mana dia melukai dirinya sendiri, itu bukanlah dia. Jelas, jika dia tahu akan terluka setelah operasi pertama, dia tidak akan kembali ke Jerez,” ujar Ezpeleta, sebagaimana dikutip dari Paddock GP, Rabu (30/9/2020).

“Marquez adalah fenomena di dunia balap motor di seluruh dunia. Dia mengambil risiko yang menurutnya harus dia ambil,” lanjutnya.

Akibat aksi nekatnya di Andalusia, Marquez diketahui mengalami masalah lagi pada lengan kanannya yang patah tulang. Masalah itu tak langsung timbul usai mentas di kualifikasi, melainkan selang beberapa hari.

Marc Marquez

Tepatnya, jelang mentas di seri ketiga, yakni MotoGP Republik Ceko 2020, Marquez kembali merasa sakit pada lengan kanannya hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Marquez pun akhirnya kembali naik meja operasi demi menyembuhkan cedera itu.

Sejauh ini, Marquez masih fokus menyembuhkan cedera pada lengan kanannya. Alhasil, ia sudah absen di tujuh seri beruntun dan belum menuai satu pun poin di MotoGP 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini