Marc Marquez Targetkan Mengaspal di MotoGP Portugal 2020

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 38 2283854 marc-marquez-targetkan-mengaspal-di-motogp-portugal-2020-8wO7tWNGLA.jpg Marc Marquez rindu naik motor (Foto: Twitter/@HRC_MotoGP)

CERVERA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, berharap dapat setidaknya hadir pada seri terakhir, MotoGP Portugal 2020, di Sirkuit Portimao. Sebab, ia ingin mengakhiri musim ini dengan cara yang baik.

Sebagaimana diketahui, Marc Marquez mengalami cedera patah tulang humerus sejak terjatuh di seri perdana MotoGP Spanyol 2020, 19 Juli lalu. Pembalap berusia 27 tahun itu lantas absen dalam enam balapan berikutnya.

Lamanya waktu Marc Marquez menepi dari sirkuit disebabkan kerusakan pada pelat titanium yang dipasang di tangannya. Situasi itu memaksanya menjalani operasi kedua pada 3 Agustus 2020 dan memakan waktu pemulihan hingga tiga bulan.

Baca juga: Demi Taklukkan RC213V, Marquez Sarankan Alex untuk Sering Jatuh dari Motor

Marc Marquez mengunjungi paddock MotoGP (Foto: Twitter/@marcmarquez93)

Itu berarti, Marc Marquez bisa saja absen hingga akhir musim MotoGP 2020. Sebab, pria asal Spanyol itu diperkirakan masih menepi hingga November alias ketika memasuki seri-seri terakhir. Sadar dengan lamanya waktu pemulihan, ia menargetkan untuk kembali di Portimao.

“Portimao akan menjadi tempat menarik untuk mengakhiri musim. Saya berharap bisa berada di sana. Saya berharap bisa membalap dengan motor MotoGP di sana karena pernah mengikuti tes dengan motor Moto2 pada 2012,” papar Marc Marquez, dikutip dari laman resmi MotoGP, Jumat (25/9/2020).

“Memang sudah lama, tetapi saya masih mengingat sirkuitnya dan sangat bagus. Banyak tanjakan dan turunan, mengikuti lanskap alami kawasan itu. Sepertinya akan menyenangkan bisa balapan di sana. Saya berharap bisa ada di sana dan mengakhiri musim dengan cara yang bagus,” imbuh juara dunia MotoGP 2019 itu.

Sirkuit Portimao di Portugal memang masuk kalender balap MotoGP 2020. Kali ini, Dorna Sports menaruh Portimao sebagai balapan penutup pada 22 November mendatang. Biasanya, seri terakhir digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Masuknya Portimao tidak terlepas dari berkurangnya jumlah seri MotoGP 2020. Awalnya, Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 akan dihelat sebanyak 21 seri. Namun, pandemi Covid-19 memaksa kalender balap dikurangi dan balapan dikonsentrasikan di Eropa.

Dengan masuknya Portimao, maka MotoGP 2020 menggelar 15 seri. Satu seri lainnya, yakni MotoGP Qatar 2020, tetap dihitung kendati tidak menggelar balapan kelas premier. Sementara itu, MotoGP 2020 sudah memasuki seri kedelapan di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol.

Posisi puncak klasemen masih dikuasai Andrea Dovizioso dengan total 84 poin dari tujuh seri. Namun, pembalap asal Italia itu hanya unggul satu poin saja dari Fabio Quartararo dan Maverick Vinales yang berada tepat di bawahnya sehingga Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 masih akan seru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini