5 Pemenang Terakhir MotoGP Catalunya, Ada Valentino Rossi

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 12:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 38 2282983 5-pemenang-terakhir-motogp-catalunya-ada-valentino-rossi-Tb1U8s8KlL.jpg Marc Marquez saat menang di MotoGP Catalunya 2019. (Foto: laman resmi MotoGP)

BALAPAN MotoGP 2020 telah sampai ke GP Catalunya, yang mana merupakan salah satu seri yang paling digemari oleh para pembalap, khususnya yang kelahiran Spanyol. Meski merupakan kandang dari pembalap asal Spanyol, namun rider yang paling banyak menang di Sirkuit Catalunya ternyata adalah Valentino Rossi.

Tercatat Rossi sudah pernah merasakan 10 kali menang di Sirkuit Catalunya tersebut dan enam di antaranya dicicip The Doctor di kelas MotoGP. Marc Marquez yang selalu berhasil menjadi juara dunia MotoGP dalam beberapa tahun terakhir ini saja nyatanya bukanlah yang terbaik di MotoGP Catalunya. Lantas siapa saja pembalap pemenang di lima balapan terakhir di GP Catalunya?

Berikut 5 Pemenang Terakhir MotoGP Catalunya, Ada Valentino Rossi:

5. Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo

Tak dapat dipungkiri bahwa Jorge Lorenzo adalah salah satu pembalap terhebat di dunia MotoGP. Hal itu dapat dibuktikan dengan tiga gelar juara dunia yang pernah ia cicipi di kelas MotoGP tersebut saat masih membela Yamaha.

Pada musim Lorenzo menjadi juara dunia MotoGP 2015, ia pun berhasil menang di MotoGP Catalunya 2015. Kala itu, Lorenzo mampu mengalahkan rekan setimnya, Rossi yang finis sebagai runner-up dan Dani Pedrosa yang finis di urutan ketiga

4. Valentino Rossi

Valentino Rossi

Setahun setelahnya giliran Rossi yang memperlihatkan kehebatannya di Sirkuit Catalunya. Rossi yang mengawali balapan dari posisi kelima tampil luar biasa hingga akhirnya menjadi pembalap pertama yang menyelesaikan 25 lap di balapan tersebut.

Rossi berhasil mengasapi Marquez dan Pedrosa yang finis tepat di belakangnya. Lalu bagaimana dengan Lorenzo? Lorenzo harus menyudahi balapan di lap kedua karena mengalami insiden tabrakan.

3. Andrea Dovizioso

Andrea Dovizioso

Setelah di dua seri sebelumnya pembalap Yamaha yang mendominasi, maka pada MotoGP Catalunya 2017 giliran Ducati yang berhasil unjuk gigi. Adalah Andrea Dovizioso yang mematahkan dominasi Yamaha di Sirkuit Catalunya.

Pada posisi tiga besar pun tak ada satu pun pembalap Yamaha. Hanya ada dua rider Honda lagi, yakni Marquez dan Pedrosa yang menemani Dovizioso berdiri di podium GP Catalunya 2017.

2. Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo

Seperti yang dikatakan di poin sebelumnya, Ducati benar-benar mampu mematahkan dominasi Yamaha di Catalunya. Sebab setelah musim 2017 dimenangkan oleh Dovizioso, di MotoGP Catalunya 2018 giliran Lorenzo yang menang.

Lorenzo yang mengendarai Desmosedici untuk tahun keduanya itu tampil mengagumkan dan tak heran jika bisa menang di seri Catalunya tersebut. Lorenzo bahkan meninggalkan Marquez yang finis kedua dengan jarak yang cukup jauh, yakni hampir 4,479 detik.

1. Marc Marquez

Marc Marquez

Setelah empat musim selalu gagal menang di Sirkuit Catalunya, Marquez akhirnya bisa juga menang di balapan kandangnya tersebut di MotoGP 2019. Tentunya hasil itu sungguh sangat spesial untuk Marquez.

Apalagi, Marquez bersaing cukup ketat dengan rider rookie, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) untuk dapat memenangkan balapan MotoGP Catalunya 2019 tersebut. Danilo Petrucci pun menjadi pelengkat untuk posisi podium di Sirkuit Catalunya itu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini