Bagnaia Lebih Ikhlas Kalah dari Vinales ketimbang Terjatuh di MotoGP Emilia Romagna 2020

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 21 September 2020 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 20 38 2280927 bagnaia-lebih-ikhlas-kalah-dari-vinales-ketimbang-terjatuh-di-motogp-emilia-romagna-2020-Fa2vMxfp63.jpg Francesco Bagnaia (Foto: Laman resmi MotoGP)

MISANO – Pembalap Pramac Ducati, Francesco Bagnaia, tidak beruntung di MotoGP Emilia Romagna 2020. Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Misano, Italia, Minggu 20 September 2020 tersebut, Bagnaia jatuh di tikungan keenam lap ke-21, padahal sedang berada di posisi pertama.

Insiden itu jadi berkah untuk pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, yang ada di posisi kedua. Vinales yang sebelumnya tertinggal, memanfaatkan momen itu untuk merebut posisi pertama.

Francesco Bagnaia (Foto: Laman resmi MotoGP)

Vinales terus melaju hingga memenangkan balapan di Sirkuit Misano. Sementara itu, posisi kedua menjadi milik pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, sedangkan pengendara KTM Red Bull, Pol Espargaro, finis ketiga.

Pol sejatinya finis di belakang pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo. Akan tetapi, Pol berhak berada di posisi ketiga karena El Diablo –julukan Quartararo– menerima penalti 3 detik.

BACA JUGA: Vinales Akui Bersaing dengan Bagnaia Membuatnya Gila

Saat Vinales, Mir, dan Pol naik ke atas Podium, Bagnaia justru meratapi nasib buruknya. Ia lebih rela kalah dari Vinales dan finis kedua ketimbang terjatuh saat sedang memimpin balapan. Bagnaia pun tidak tahu penyebab dirinya terjatuh.

“Yang benar-benar menyakitkan adalah saya jatuh saat saya mengelola balapan. Semuanya datang dengan cukup mudah, memiliki mesin hebat dan motor yang cepat dalam pengereman, saya tidak mampu untuk memaksakan diri terlalu banyak, bahkan di tikungan seperti saat saya jatuh,” kata Bagnaia, menyadur dari Tutto Motori Web, Senin (201/9/2020).

“Saya tidak melebih-lebihkan, saya diam saja (di tikungan keenam). Saya akan lebih menerimanya jika finis kedua, jika saya mendorong untuk pergi mendapatkan Maverick (Vinales). Terjatuh dengan cara yang hampir tidak bisa dijelaskan ini, tanpa peringatan, sulit untuk dipahami dan membuat saya sedikit khawatir,” tuturnya.

Hasil buruk di Sirkuit Misano melengkapi ketidakberuntungannya sejak awal musim ini. Bagnaia sebenarnya memulai musim ini dengan baik di MotoGP Spanyol 2020. Ia finis di posisi ketujuh pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Jerez tersebut.

BACA JUGA: MotoGP Emilia Romagna Bukan Harinya Valentino Rossi dan Jebolan Akademi VR46

Namun, hal yang sama tidak terulang pada balapan kedua di Sirkuit Jerez, MotoGP Andalusia 2020. Bagnaia yang bersaing di kelompok pembalap terdepan, harus gugur karena masalah mesin.

Bagnaia mendapatkan kenyataan pahit pada balapan berikutnya, MotoGP Republik Ceko 2020. Pecco terjatuh pada sesi latihan bebas pertama sehingga kaki kanannya patah. Cedera itu membuat Bagnaia harus absen dalam tiga balapan sebelum kembali di MotoGP San Marino 2020.

MotoGP San Marino 2020 yang berlangsung di Sirkuit Misano, berakhir manis untuk Bagnaia. Pembalap asal Italia itu finis kedua di belakang pengendara Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli.

Hasil itu jadi modal bagus bagi Bagnaia untuk berlaga di MotoGP Emilia Romagna 2020. Nasib baik sayangnnya tidak memihak Bagnaia sehingga terjatuh jelang balapan berakhir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini