5 Fakta MotoGP San Marino, Arena Valentino Rossi

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 38 2274868 5-fakta-motogp-san-marino-arena-valentino-rossi-TIEsihIq7k.jpg Para pembalap MotoGP. (Foto: MotoGP)

GELARAN MotoGP 2020 terus berlanjut. Akhir pekan ini, balapan seri keenam akan digelar di Sirkuit Misano, Italia. Balapan tersebut akan bertajuk MotoGP San Marino 2020.

Balapan dipastikan akan berlangsung seru dan menarik. Penampilan rider-rider Italia, khususnya Valentino Rossi, pun sangat dinantikan. Sebab, ini akan menjadi balapan kandang bagi Rossi, Franco Morbidelli, Andrea Dovizioso, serta Francesco Bagnaia.

Sebelum melihat aksi para pembalap di MotoGP San Marino 2020, mari mengulik fakta-fakta menarik dari balapan tersebut. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Rabu (9/9/2020), berikut lima fakta MotoGP San Marino.

5. Pertama Kali Gelar Balapan Kelas Utama pada 1981

Balapan bertajuk GP San Marino sendiri diketahui sudah cukup lama ada. Balapan perdana diadakan pada 1981 di Autodromo Dino Ferrari. Kemudian, tempat penyelenggaraan dipindah ke Autodromo Internazionale del Mugello untuk balapan pada 1982.

Balapan di MotoGP

Pada 1983, mereka kembali ke Autodromo Dino Ferrari dan pada 1984 mereka sekali lagi kembali ke Autodromo Internazionale del Mugello. Sejak musim 1985 dan seterusnya, tempat penyelenggaraan putaran San Marino adalah Circuito Internazionale Santa Monica. GP San Marino pun sempat dikeluarkan dari kalender balap pada 1988, tetapi kemudian dimasukkan lagi pada 1991.

4. Tiga Kali Ganti Sirkuit

Penyelenggaraan balapan di GP San Marino sendiri kerap kali mengalami perubahan. Hal ini khususnya terjadi pada tempat penyelenggaraan. Sudah terjadi tiga kali perubahan sirkuit dalam penyelenggaraan MotoGP San Marino.

Para pembalap MotoGP

Tiga sirkuit yang pernah digunakan untuk menggelar GP San Marino adalah Sirkuit Imola, Sirkuit Mugello, dan terakhir Sirkuit Misano. Sirkuit Misano sendiri menjadi tuan rumah untuk MotoGP San Marino sampai saat ini.

3. Rossi, Marquez, dan Lorenzo Paling Sering Menang

Dalam penyelenggaraan MotoGP San Marino, ada sejumlah pembalap yang selalu difavoritkan untuk menjadi pemenang. Setidaknya, ada tiga pembalap yang tercatat paling banyak menang selama mentas di Sirkuit Misano pada kelas MotoGP.

Valentino Rossi dan Marc Marquez

Ketiga pembalap itu ialah Valentino Rossi, Marc Marquez, dan Jorge Lorenzo. Mereka mengantongi tiga kemenangan di MotoGP San Marino. Rossi pun berpeluang menambah catatan kemenangannya, karena hanya dia yang akan tampil di Sirkuit Misano pada tahun ini.

2. Yamaha Paling Sering Menang di San Marino

Dalam kategori tim, Yamaha menjadi yang paling sering menang di MotoGP San Marino. Mereka tercatat berhasil menang enam kali dalam penyelenggaraan balapan MotoGP di Sirkuit Misano.

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo

Kemenangan pertama diraih pada 2008 lewat aksi Valentino Rossi. Selanjutnya, tren positif berlanjut ke 2009 lewat kemenangan yang juga diraih oleh The Doctor -julukan Rossi- kembali. Di luar itu, empat kemenangan diraih pada 2011, 2012, 2013, dan 2014.

1. Nama Sirkuit Misano Diubah Jadi Sirkuit Marco Simoncelli

Fakta menarik terakhir berkaitan dengan nama sirkuit yang diubah sebagai bentuk penghormatan. Nama Sirkuit Misano diubah menjadi Sirkuit Marco Simoncelli sejak 2011.

Marco Simoncelli

Perubahan ini dilakukan untuk menghormati mendiang Simoncelli yang meninggal dunia saat menjalani balapan di MotoGP, tepatnya pada seri Malaysia 2011. Mengingat Simoncelli menghabiskan masa kanak-kanaknya di wilayah Coriano, yang masih satu provinsi dengan Misano, sirkuit ini pun akhirnya mengalami perubahan nama.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini