Didiskualifikasi dari AS Terbuka 2020, Djokovic Dapat Pembelaan

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 07 September 2020 23:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 40 2274025 didiskualifikasi-dari-as-terbuka-2020-djokovic-dapat-pembelaan-VkHZ84Cg0n.jpg Novak Djokovic. (Foto: Twitter/@usopen)

NEW YORK – Petenis putra peringkat satu dunia, Novak Djokovic, harus menelan pil pahit di gelaran Amerika Serikat (AS) Terbuka 2020. Ia didiskualifikasi dari turnamen berlevel grand slam itu usai tidak sengaja memukul hakim garis dengan bola saat bertanding di babak 16 besar.

Insiden itu tepatnya terjadi kala Djokovic berlaga di babak keempat atau 16 besar AS Terbuka 2020 melawan wakil Spanyol, Pablo Carreno Busta. Bermain di Arthur Ashe Stadium, Senin (7/9/2020) pagi WIB, Djokovic kala itu masih bertanding di set pertama dan tengah tertinggal dengan skor 5-6.

Novak Djokovic

Djokovic yang tampak frustrasi memukulkan bola yang justru mengarah ke hakim garis. Pukulan kerasnya itu pun membuat hakim garis tampak kesakitan. Djokovic sontak langsung bergegas menghampiri hakim garis usai terhantam bolanya.

BACA JUGA: Djokovic Minta Maaf Usai Pukul Hakim Garis dengan Bola di AS Terbuka 2020

Akibat insiden ini, Djokovic dipastikan didiskualifikasi dari turnamen tersebut. Selain tersingkir dari AS Terbuka 2020, petenis asal Serbia itu juga dijatuhi denda.

Mendapati kondisi ini, Djokovic mendapat pembelaan dari Busta. Ia menganggap tindakan yang dilakukan rivalnya itu benar-benar tidak disengaja. Sebab, tak pernah ada satu pun pemain yang berniat mencelakai hakim garis.

"Itu tidak disengaja. Saya tidak berpikir bahwa salah satu dari kami, para pemain, melakukan hal semacam ini dengan sengaja. Itu hanya sesaat, saya mematahkan servisnya, dia melempar dan memukul bola,” ujar Busta, sebagaimana dikutip dari Standard, Senin (7/9/2020).

“Itu nasib buruk. Anda tidak dapat melakukan ini, tetapi tentu saja, saya pikir Novak tidak pernah ingin melukai hakim garis. Saya bertanya kepada orang-orang yang berada di kerumunan, apakah bola mengenai wasit garis dan saya terkejut,” lanjutnya.

“Saya tidak pernah menyangka saat ini bermain melawan Novak jadi itu momen yang sulit juga bagi saya,” tutur Busta.

Djokovic sendiri sudah mengutarakan permintaan maaf atas insiden ini. Hal itu disampaikannya dalam sebuah unggahan di media sosialnya. Ia menyesali tindakan yang dilakukan dan memastikan bakal menjadikan hal ini sebagai pelajaran berharga untuk ke depannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini